SDN 47 Jalin Kerjasama dengan Kampus V UNM

  • Bagikan

Beri Dampak Positif di Sekolah

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- UPTD SDN 47 Kota Parepare menjalin kerjasama dengan kampus V Universitas Negeri Makassar (UNM) Parepare. Itu dilakukan guna meningkatkan pemahaman mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) pada program
Asistensi Mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kepala SDN 47 Kota Parepare Sudirman Manda mengatakan, pada MBKM ini ada 10 mahasiswa PGSD FIP kampus V UNM Parepare yang akan melaksanakan praktik di sekolah selama kurang tiga bulan, mulai Senin, 3 Oktober 2022.

Lebih lanjut, mereka akan mengajar sesuai mata kuliah yang diprogramkan di kampusnya.

"Pada saat mahasiswa PGSD melakukan praktik di sekolah. Wali kelas akan mendampingi, dan mengasistensi mahasiswa tersebut," kata Sudirman Manda, alumni PGSD Kampus V UNM Parepare.

Dia berharap melalui asistensi mengajar ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu di sekolah baik di bidang akademik maupun non akademik.

"Adik-adik mahasiswa dapat membantu sekolah dalam membimbing peserta didiknya, baik di kegiatan kokurikuler, maupun ekstrakurikuler, seperti kegiatan seni dan olahraga," harapnya.

Dosen Pembimbing mahasiswanya MBKM Kampus V UNM Parepare, Dra Maryam mengatakan, MBKM merupakan program yang dicanangka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia. Tujuannya,
mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai ke ilmuan di dunia kerja.

"Kegiatan aistensi mengajar SDN 47 ada 10 mahasiswa kami. Mereka akan dibina dan dibimbing langsung secara bersama oleh kepala sekolah serta guru yang ada," jelasnya.

Lebih lanjut, selama pelaksanaan MBKM ada delapan program mata kuliah yang akan dijalankan. Di antaranya, multimedia pembelajaran, supervisi, studio seni musik,
pengembangan kompetensi dasar,
pengembangan konsep dasar IPS, IPA, Matematika, pembelajaran kelas rangkap, keterampilan dasar mengajar, dan studio seni tari.

Dia mengatakan, selain program dari kampus, ada kegiatan ekstrakurikuler dari sekolah, yang diharapkan seluruh mahasiswa terlibat pada kegiatan tersebut.

"Adanya mahasiswa yang kami kirim ke sekolah-sekolah, akan terjalin kerja sama dengan baik antara mahsiswa dan kepala sekolah serta guru sesuai dengan program yang telah ditetapkan," tandasnya. (has)

  • Bagikan