UMPAR Kukuhkan 574 Alumni

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 574 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) mengikuti Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana (SI), Megister, dan Doktor ke-XXXIV, di Lapangan KH Sanusi Maggu Umpar, pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Turut dihadiri Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, Koordinator Kopertis Wilayah VIII Sulawesi, Maluku, dan Papua Prof Hamdan Juhanis, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Dr Mustari Bosra, orangtua wisudawan-wisudawati, dan lainnya.

Rektor UMPAR Dr HM Nasir mengatakan, ada 574 mahasiswa yang telah diwisuda, terdiri dari
550 jenjang sarjana (S1), 23 orang untuk jenjang Program Magister (S2) dan satu orang untuk jenjang Program Doktor.

Menurutnya, UMPAR sebagai salah satu wadah pendidikan bagi generasi bangsa, memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter.

"Kami memberikan amanat dan harapan kepada para alumni, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT karena ini menjadi pondasi dasar yang menopang nilai kejujuran, keadilan dan tanggungjawab,"katanya.

Dia menjelaskan, UMPAR mampu mencetak lulusan yang berkualitas untuk membawa bangsa Indonesia kearah yang lebih maju, dan mampu menjadi penyanggah pertumbuhan ekonomi di Parepare.

"Para alumni telah berhasil melewati berbagai tantangan dan cobaan selama studi, ini sungguh luar biasa.
Keberhasilan ini adalah berkat rahmat dan karunia Allah SWT yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha yang maksimal, dengan dukungan dari orangtua dan keluarga,"jelasnya.

Dia mengatakan,
saat ini adalah era generasi digital, maka tidaklah berlebihan jika para wisudawan-wisudawati dapat memanfaatkan momentum dalam menguatkan kemampuan literasi digital, dan menguatkan penggunaan sistem komputerisasi dalam menyiapkan mahaasiswa di dunia kerja yang berorientasi pada
Kurikulum Berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Saya berpesan kepada para alumni UMPAR, dapat tingkatkan keimanan dan ketakwaan, karena ini menjadi pondasi dasar yang menopang nilai kejujuran, keadilan dan tanggung jawab,
berbuat baik kepada kedua Orangtua sebagai manusia paling baik dan mulia bagi setiap orang secara pribadi,"ungkapnya.

HM Nasir berpesan kepada para alumni untuk menguasai teknologi, perluas jaringan, karena tuntutan era globalisasi dan digitalisasi adalah pada penguasaan teknologi dan seberapa banyak relasi yang di miliki.

"Jangan hanya berfokus untuk menjadi pegawai negeri, mulailah melirik pasar wirausaha agar mampu membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain,"ujarnya.

Ia menyampaikan, manfaatkanlah waktu dan kesempatan yang ada sebaik mungkin agar tidak menyesal kemudian hari.

"Belajarlah untuk tetap sabar dan menjaga keikhlasan dalam bekerja agar memperoleh hasil yang maksimal," tandasnya.(has)

  • Bagikan