Wali Kota Parepare Membangun Ekonomi Daerah Berlandaskan Cinta

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Otoritas Jasa Keungan (OJK) menggelar malam puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 di Kota Parepare. Taufan Pawe sebut ekonomi Parepare dibangun berlandas cinta.

Kegiatan malam puncak tersebut dipusatkan di Tonrangeng River Side, pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dalam perayaan puncak BIK 2022 dengan tema Inklusi Keuangan Meningkat Perekonomian Semakin Kuat yang digelar di Tonrangeng River Side, 29-30 Oktober 2022 itu OJK menghadirkan Pameran peroduk/ Layanan jasa keuangan, Seminar/ Edukasi Keuangan, Pameran Property, Pameran UMKM, Pameran Kendaraan Listrik, Pameran Foto, Pentas Seni dan Budaya, Bussiness Matching, Festival Kuliner, dan Senam Berasama.

Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua, Darwisman mengatakan, Otoritas Jasa Keuangan bersama Lembaga dan Industri Jasa Keuangan melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan disetiap bulan Oktober dengan tujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat yang diimbangi dengan literasinya.

Selain itu, lanjutnya kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan inklusi sekaligus literasi keuangan terkhus di Sulawesi Selatan dan sulawesi barat.

"Karena berdasarkan data SNLKI 2019 masih terjadi ketimpangan literasi dan inklusi keuangan antara kota dan daerah termasuk sulsel. Indek literasi daerah perkotaan mencapai 38,54% diatas nasional sedangkan pedesaan hanya 26,32% begitupun indek inklusi keuangan di pekotaan mencapai 93,8% dan pedesaan masih 80%," jelasnya.

Pihak OJK lanjutnya, sengaja menyelenggarakan perayaan BIK diluar provinsi agar penyelenggaraan BIK secara langsung dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat sulsel tepat pada sasarannya.

Penyelenggaraan BIK juga ini akan meningkatkan perputaran ekonimi di Kota tuan rumah.

"Tahun 2021 lalu BIK dilaksanakan di Kota Toraja Utara sebagai pusat destinasi wisata di Sulsel namun tahun ini kita memilih Kota Parepare sebagai ikon kota cinta dalam membangun ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengungkapkan terima kasihnya terhadap pihak OJK atas sasaran pemilihan Kota Parepare sebagai titik perayaan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2022.

"Jujur saya akan katakan rasa bangga dan terima kasih saya kepada OJK yang telah memilih Kota Parepare untuk perayaan BIK tahun ini," ungkapnya.

Menurut Wali Kota dua periode itu, Parepare tahun ini terpilih karena trend pertumbuhan ekonomi di Kota Parepare dinilai cukup baik.

Ia juga menyampaikan bahwa simpanan masyarakat Parepare sudah berada diangka lebih 4 triliun.

"Salah satu yang mempengaruhi ialah sektor jasa perbankkan di Parepare sangat sehat dan menjanjikan karena kita bergerak dengan menyentuh dan berinteraksi sosial masyarakat Parepare semuanya dilandasi dengan cinta luar biasa," tandasnya.

Cinta yang ada di Parepare ini bersifat vertikal dan horisontal semuanya disentuh untuk kebaikan termasuk proses pertumbuhan ekonomi di Kota ini. (Hes)

  • Bagikan