Bupati dan Pangdam Hasanuddin Panen Raya Padi Ciherang di Simbang

  • Bagikan

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama Seluruh Pimpinan Kepala Daerah jajaran Forkopimda Sulawesi Selatan menggelar panen raya dan bakti sosial, bertempat di Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Selasa 15 November 2022.

Laporan: Teguh Imam Pratama

Sebelum melakukan panen raya, Pangdam XIV Hasanuddin bersama Kapolda Sulsel dan Bupati Maros terlebih dahulu menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu dan pemberian bantuan gizi pakan anak stunting, ada juga
Penyerahan simbolis santunan Jaminan Kematian dari BPJS Tenaga Kerja sebesar 42 juta kepada ahli waris petani yang meninggal dunia.

"Kegiatan ini diawali dengan bakti sosial, kita berikan paket sembako sebanyak 700 dan kita juga memberikan paket gizi anak stunting berjumlah 150,jelasnya.

Setelah melaksanakan baksos, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso lalu kembali menyerahkan bantuan 4 unit Alsintan secara simbolis.

" Kita bagikan alsintan kepada para gapoktan, ini dari pemerintah melalui kementrian pertanian,ada juga pemberian piagam kepada Kepala Dusun terbaik, agar mereka lebih semangat lagi dalam bekerja,"ucapnya.

Setelah seluruh rangkaian Bakti sosial berjalan, Pangdam XIV Hasanuddin bersama jajaran Forkopimda Sulawesi selatan kemudian melakukan panen raya padi dengan luas 600 hektare, jenis padi ciherang.

"Jadi pada hari ini kita melaksanakan kegiatan ketahanan pangan yaitu panen raya,ini sudah diinstruksikan Presiden bapak pimpinan kita, bapak kasad dan bapak kapolri, jadi keberadaan kita di wilayah haru membantu Pemerintah daerah terutama ikut mengatasi permasalahan ekonomi yang saat ini terjadi," Katanya.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen
TNI Totok Imam Santoso mengatakan panen raya yang dilakukan di Kabupaten Maros ini seluas 4.300 Hektare,namun khusus di Kecamatan Simbang hanya 600 Hektare saja.

"Ini padi ciherang, tapi kedepan kita akan terjebak pada jenis padi Ip 400 yang bisa menghasilkan 1 ton bisa 4 kali," terangnya.

Pada panen raya padi Ciherang ini 1 Hektarenya bisa menghasilkan 7 ton beras,Pangdam XIV Hasanuddin pun memberikan pesan kepada petani agar terus bekerja keras,Pemerintah akan terus siap dalam membantu para petani.

"Pesan untuk petani harus bersykur dan bekerja keras janganengeluh,nanti bersama dengan pemerintah kita monitoring,kita bantu agar hasilnya lebih optimal jika biasanya hanya 3 kali panen mulai sekarang bisa 4 kali panen," tambahnya.

Sementara itu Bupati Maros Chaidir Syam berterimakasih kepada jajaran Kodam XIV Hasanuddin yang dengan sigap menindak lanjuti instruksi Presiden.

"Saya mengucapkan terimakasih karena baru jelang satu hari kami para Bupati dikumpulkan besoknya sudah langsung ditindak lanjuti oleh Pangdam XIV Hasanuddin," tutupnya.(*)

  • Bagikan