Diskopdagrin Majene Kalibrasi Alat UTTP di BSML

  • Bagikan

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kabupaten Majene melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) mengikuti kalibrasi alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) Metrolgi Legal di Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Region IV Makassar, Provinsi Sulsel.

Kadis Kopdagrin Kabupaten Majene, H Busri K SE MSi menuturkan, kalibrasi merupakan suatu proses verifikasi alat ukur guna mengetahui ketepatan penunjukan harga pada alat tersebut.

Kalibrasi biasanya dilakukan dengan membandingkan alat ukur yang akan dikalibrasi dengan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan acuan lain yang sudah tersertifikasi.

Tujuan dari kalibrasi adalah untuk mencapai ketertelusuran alat ukur yang digunakan untuk pengukuran. Dengan melakukan kalibrasi, penyimpangan penunjukan harga pada alat ukur yang dikalibrasi dengan penunjukkan harga sesuai standar baik nasional maupun internasional.

"Sehingga jika terjadi penyimpangan maka penyimpangan tersebut dapat dilakukan penyesuaian sesuai standar nasional/internasional/bahan acuan lain yang sudah tersertifikasi,"tutupnya.(*)

  • Bagikan