Hari Pahlawan, Dandim Polman Irup di SMK Balanipa

  • Bagikan

POLMAN, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polewali Manda, Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi MTr(Han), bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Pahlawan 2022, di Halaman SMK Negeri Balanipa. Kamis (10/11/2022)

Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 yang digelar di halaman SMK Balanipa, Komandan Upacara adalah Danramil 1402-04/Tinambung, Kapten Inf Hasruddin dihadiri Camat Balanipa, Camat Tinambung, Camat Limboro, Veteran, unsur Polri, ASN Kecamatan Balanipa, para kepala desa, tokoh masyarakat dan pelajar.

Pada upacara tersebut Dandim 1402/Polman, Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi,M.Tr.(Han), membacakan amanat Menteri Sosial RI mengatakan bahwa Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan. "Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa," ujarnya.

Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran merebut dan mempertahankan kemerdekaan, penting diresapi semangat dan keikhlasannya. Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, katanya, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak mengadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya.

"Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan
kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya," tandasnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa," tambahnya.

Selain itu, Dandim sesuai amanat Mensos, mengajak memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. "Kita lawan paham radikal, tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah," ujarnya. (*)

  • Bagikan