ITH Parepare Uji Publik Calon Pansel Satgas PPKS

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare menggelar uji publik calon panitia seleksi (pansel) Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

Kegiatan itu, diikuti sejumlah mahasiswa dan dosen di Ruang Rapat Kampus ITH Kota Parepare pada Selasa, 22 November 2022. Rektor ITH Kota Parepare, Prof Ansar Suyuti didampingi Wakil Rektor ITH, Dr Mohammad Mochsen, dan Dr Armin Lawi membuka pelaksanakan uji publik calon pansel Satgas PPKS.

Rektor ITH Kota Parepare, Prof Dr Ir Ansar Suyuti mengatakan, ini dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) RI Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKS di lingkungan kampus, sehingga wajib dibentuk Satgas PPKS di setiap perguruan tinggi.

"Kita diwajibkan Mendikbud Ristek membentuk Satgas Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di kampus," tegasnya.

Dia menjelaskan, ada 10 calon pansel mengikuti uji publik. Mereka merupakan perwakilan dari dosen, pegawai, dan mahasiswa. Bahkan, kata dia, masyarakat di sekitar kampus diundang untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap calon pansel itu.

"Melalui pansel ini, akan memilih Satgas PPKS di kampus. Tentu dengan persyaratan satgas itu sendiri. Ini adalah sebuah teknik baru," jelasnya.

Dia mengungkapkan, dalam menentukan alur satgas itu, tidak hanya mahasiswa sebagai peserta namun peserta didik, namun perannya sangat penting.

"Kita sama-sama harus berprestasi terkait pencegahan kekerasan seksual. Ini adalah sebuah amanah yang diemban bersama," katanya.

Dia berharap satgas ini hadir untuk pencegahan, bukan menangani kekerasan seksual. Sehingga, kata dia, maruah ITH harus dijaga bersama, dan menjaga adab dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi diri sendiri dan juga orang lain.

"Maruah ITH harus dijaga, antara dosen dan mahasiswa merupakan satu kesatuan yang harus berpartisipasi untuk mencegah itu. Sehingga penting dilakukan uji publik dalam menentukam panitia seleksi untuk menyeleksi Satgas PPKS," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan