Pimpin Evakuasi Warga Terjebak Banjir, Dandim 1405/Parepare Imbau Tetap Siaga

  • Bagikan
Dandim 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta turun langsung ke tengah banjir mengarahkan tim gabungan melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir di kompleks Peumahan Pesona Elka Residence, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Jumat sore, 18 November 2022.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Hujan dengan intesitas lebat dan cukup lama menyebabkan sejumlah wilayah dalam Kota Parepare terendam banjir.

Salah satunya, kompleks perumahan Pesona Elka Residence di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Jumat, 18 November 2022. Perumahan yang berada di dekat bantaran sungai itu, airnya meluap hingga masuk ke pemukiman, dan merendam rumah warga di kompleks itu.

Arus air yang begitu deras menyebabkan satu warga terjebak banjir, dan dilakukan evakuasi oleh tim gabungan dari TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR Brimob, Satpol PP, Pemerintah Kelurahan setempat, LPMK setempat dan warga sekitar.

Komandan Kodim (Dandim) 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta memimpin langsung proses evakuasi itu. Bahkan Letkol Hastiar Hatta turun langsung ke tengah banjir mengarahkan tim gabungan melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir di lokasi.

Usai evakasui, Letkol Hastiar Hatta menjelaskan, pelaksanaan evakuasi berjalan lancar dan terkendali. Menurutnya, tim gabungan melakukan evakuasi ini, mengutamakan masyarakatnya.

"Tim gabungan dalam melakukan evakuasi mengutamakan keselamatan warga. Mudah-mudahan airnya cepat surut, sehingga masyarakat bisa pembenahan lagi," ujarnya.

Dandim pun mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati, waspada dan tetap siaga jika hujan kembali turun dengan durasi yang berjam-jam. Khususnya, warga yang berdomisili dekat bantaran sungai.

"Atau bisa mengunsi ketempat yang aman. Sehingga petugas bisa mengevakuasi lebih mudah. Khususnya yang berdomisili dekat bantaran sungai," imbaunya.

Dandim pun mengungkapkan, menurunkan seluruh kekuatan personel (TNI) untuk siaga, terlebih melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir.

"Semua kita kerahkan, karena ada beberapa titik yang terjadi banjir. Di daerah-daerah yang rawan banjir," jelasnya.

Dandim pun menyebutkan, warga yang dievakuasi dalam kondisi sehat. "Saat kita evakuasi warga dalam kondiusi sehat. Hanya saja, saat evakuasi kendalanya itu, arus deras," tandas Letkol Hastiar Hatta. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan