44 Kasus HIV/Aids di Kota Parepare Sepanjang Tahun 2022

  • Bagikan

PAREPAE, PARE POS -- Tercatat 44 kasus penderita HIV/Aids, ditemukan sepanjang tahun 2022 di Kota Parepare.

Sekretaris Dinas Kesehatan Parepare, Muhammad Idris mengatakan, jika merujuk kepada data dari Dinkes Parepare selama tahun 2022. Telah diitemukan sebanyak 44 kasus dengan total sepanjang waktu HIV/Aids di Parepare sebanyak 338 kasus.

“Kalau tahun ini bertambah sebanyak 44 kasus, jika ditambah dengan tahun kemarin maka totalnya sebanyak 388 kasus HIV/Aids di Parepare,” katanya saat dihubungi, Kamis 1 Desember 2022.

Dia merincikan bahwa, 388 dari penderita tersebut, 112 diantaranya adalah perempuan dan 226 ialah laki-laki.

Kemudian, lanjutnya, jika kelompok usia, umur 15 tahun kebawah sebanyak 13 kasus, 15-24 tahun yakni 70 kasus, dan selanjutnya usia 25-50 tahun tercatat 255 kasus.

Muhammad Idris, dalam kesempatan itu membeberkan terkait upaya yang dapat dilakukan untuk menekan peningkatan kasus HIV/Aids, khususnya di Kota Parepare.

Seperti, dengan meningkatkan kegiatan skrining HIV melalui mobile VCT, sosialisasi pencegahan penularan HIV/Aids dan memberi edukasi ke masyarakat terkhusus pada perempuan, remaja dan anak tentang bahaya HIV/Aids.

“Sejauh ini, kami telah melakukan pencegahan dengan pengendalian HIV/Aids. Terus mendorong memperluas layanan testing dan pengobatan HIV,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menjalin kerja sama, dengan lintas sektor. Hingga komunitas dalam menjangkau dan pendampingan bagi ODHIV.

Dia berharap agar semua masyarakat di Parepare dapat bekerja sama. Dan berperan aktif dalam upaya mengakhiri epidemi HIV.

“Stop HIV, mari kita satukan langkah cegah HIV agar semua setara akhiri Aids. Hindari penyakitnya bukan orangnya. Stop stigma dan diskriminasi terhadap orang HIV,” tegasnya.

Hes.

  • Bagikan