ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN

  • Bagikan

Oleh: Muhammad Raihan Hidayat, Herlina, Nabilah Putri Adilah, Nurhayati
(Mahasiswa Prodi ALKS, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Parepare)

ABSTRAK

Dalam Penelitian ini kita akan membahas mengenai laporan keuangan dalam suatu perusahaan. Dalam perusahaan ini memiliki komponen penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu perusahaan, dengan data laporan keuangan suatu perusahaan dapat memperlancar adanya kegiatan transaksi jual
beli dalam suatu perusahaan.

Pentingnya persediaan barang karena merupakansuatu proses transaksi yang berpengaruh sangat besar dalam mensukseskan kegiatan jual beliLaporan keuangan dibuat untuk meminimalisir terjadinya penggelapan dana dalam perusahaan dan mengurangi kesalahan dalam pencatatan jumlah persediaan. Sumber data diambil dari salah satu perusahaan dagang.
Kata Kunci : Laporan Keuangan, Transaksi Jual Beli, Kinerja Perusahaan.

Pendahuluan

Dapat dikatakan bahwa laporan keuangan sangat penting dalam suatu perusahaan dengan adanya data laporan keuangan dapat mengetahui apa saja pengeluaran serta pendapatan yang terjadi dalam perusahaan.

Pentingnyamencatat transaksi yang terjadi agar kita dapat melihat kinerja perusahaan apakah baik atau sebaliknya. Laporan keuangan dapat digunakan untuk menilai prestasi serta kinerja yang dicapai perusahaan pada masa lampau, sekarang, dan masa yang akan datang.

Perusahaan memerlukan laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan atau staff accounting guna memprediksi terjadinya kebangkrutan perusahaan atau kesuksesan/ kemajuaan dalam perusahaan.

Terjadinya transaksi jual beli dalam perusahaan terdapat persediaan barang dagang yang harus dicatat jumlah produk, penentuan harga dan jenis produk untuk mencegah terjadinya pencurian suatu produk ataupun kerusakan yang terjadi di gudang.

Perkembangan dunia usaha yang semakin maju persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya semakin tinggi mengakibatkan adanya perusahaan yang tibatiba mengalami kemunduran.

Laporan keuangan pada dasarnya kegiatan pencatatan aktivitas transaksi jual beli yang masuk maupun yang keluar. Laporan keuangan sangat diperlukan untuk mengetahui sampai mana perkembangan perusahaan yang ingin di capai tujuannya.

Dalam perusahaan dagang perlunya pencatatan laporan keuangan karena terdapat penentuan harga serta potongan kena pajak dari berapa harga yang ditentukan dan berapa keuntungan yang akan di peroleh oleh perusahaan lalu dicatat oleh staff accounting atau akuntan.

Dalam perusahaan dibuatkan laporan keuangan agar pemimpin dari perusahaan tersebut dapat mengetahui tingkat financial serta hasil dari pencapaian yang diperoleh oleh perusahaan.

Dari hasil pencapaian perusahaan dapat membuat perusahaan lain melihat kinerja dari perusahaan tersebut, yang dapat menimbulkan persaingan antar perusahaan serta menjadi motivasi buat perusahaan yang baru merintis usaha.

Metode Penelitian
Metode yang kami gunakan dalam pembahasan kali ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian objek yang dapat dikatakan mengambil penggambaran dengan kata- kata yang jelas dan lebih detail atau terperinci.

Dimana kita mengambil data laporan keuangan ini dari perusahaan secara langsung, dengan menggunakan metode rasio keuangan. Dari penelitian ini kami menganalisis tentang kinerja dari suatu perusahaan untuk mengetahui berapa saja pengeluaran dan pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Hasil dan Pembahasan
Laporan keuangan adalah bentuk kegiatan pencatatan pendapatan serta pengeluaran dari perusahaan. Dari hasil penelitian ini kami menggunakan laporan keuangan perusahaan dalam periode Januari 2021 mengalami pengeluran untuk kebutuhan perusahaan sekaligus pendapatan yang di dapat dari hasil penjualan.

Ditinjau dari data laporan keuangan perusahaan memiliki pendapatan yang melonjak, serta adapun pengeluaran kecil yang dibutuhkan perusahaan akan di jabarkan. Dari sini bisa kita lihat bahwa kinerja dari perusahaan, memiliki kinerja sangat baik karena terus mengalami peningkatan atau pendapatan yang tinggi setiap bulannya.

Tabel 1. Pengeluaran bulan Januari 2021
Pada Bulan Januari 2021 perusahaan memiliki laporan keuangan terlampir yang dimana dilakukan pencatatan atas pengeluaran tunai untuk periode 2021. Pengeluaran tersebut merupakan hasil transaksi jual beli antara perusahaan tersebut dengan perusahaan lain, dimana pengeluaran tersebut merupakan hasil penjualan produk yang laku dipasarkan.

Tabel 2. Pengeluaran Januari 2021

Tabel 3 pendapatan pada bulan Januari 2021

Dapat kita lihat dari tabel di atas merupakan pendapatan yang terjadi pada bulan Januari 2021 yang dicatat oleh staff accounting atau akuntan. Terjadinya pendapatan yang terus menerus meningkat. Dari sini kinerja perusahaan mengalami kondisi yang baik dan menjadi acuan terjadinya persaingan antar
perusahaan karena pendapatan yang meningkat. Inilah hasil dari analisis laporan keuangan dari perusahaan yang telah kami kaji untuk dijadikan sebagai acuan dalam menganalisis kinerja laporan keuangan perusahaan tersebut.

Kesimpulan
Berdasarkan analisis laporan keuangan perusahaan dapat ditarik kesimpulan bahwa pentingnya suatu perusahaan melakukan analisis laporan keuangan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam mencatat laporan keuangan.

Laporan keuangan menjadi acuan agar mengetahui kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Laporan keuangan itu sendiri menjadi hal yang diperlukan dalam perusahaan untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran serta pendapatan yang tercatat di laporan keuangan perusahaan.

Dilihat dari pendapatan pada bulan Januari 2021 perusahaan dalam kondisi yang sangat baik. Laporan keuangan perusahaan sangat penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan suatu perusahaan dari waktu ke waktu.

Analisis
laporan keuangan harus dilakukan secara cermat dan teliti agar tidak terjadi
kesalaha, karena jika terjadi Kerugian di perusahaan akibat salah pencatatan atau
kesalahan dalam menghitung jumlah produk yang masuk. Hasil penelitian kinerja
perusahaan :

  1. Kinerja perusahaan berdasarkan hasil analisis laporan keuangan dapat dikatakan memiliki kinerja yang baik, karena perusahaan mengalami pendapatan yang besar.
  2. Kinerja perusahaan berdasarkan hasil analisis rasio dari perusahaan mengalami kondisi yang terus meningkat, sehingga hal ini disebabkan karena transaksi jual beli yang keluar masuk membuat keuangan dalam perusahaan melambung tinggi.
  3. Kinerja perusahaan dapat dilihat dari perkembangan bulan Januari saja bahwa perusahaan tersebut memiliki tingkat kemajuan usaha dan kami memprediksi di masa akan datang mengalami kesuksesan.

Daftar Pustaka
Maith Hendry Andres,’ Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. ( Universitas Sam Ratulangi Manado)

ABSTRAK di dalam perusahaan dagang, unsur atau komponen ( Universitas Kristen Maranatha),’Maranatha.edu,’https://repository.maranatha.edu/5493/1/0351018_Abstract_TOC.pdf (diakses pada tanggal 28 Desember 2022 ). (**)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan