IAS: Ruh Tata Ruang adalah Kesinambungan

  • Bagikan

MAKASSAR,PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Wali kota Makassar 2004-2014, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menegaskan ruh dari tata ruang sebuah wilayah adalah kesinambungan. Kesinambungan itu harus melekat dalam rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) setiap periode pemerintahan.

"Harus ada kesinambungan dalam setiap periode. Karena prinsip dasar dari tata ruang sebuah daerah adalah kemajuan. Bertahap dan bertumbuh kembang," kata IAS di di Auditorium Kampus 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Kamis (15/12/2022).

IAS menjadi salah satu pembicara dalam seminar nasional bertemakan “Indonesia Emas 2045: Harapan dan Tantangan bangsa” yang merupakan salah satu program dari Celebes Plano Festival Vol. VI. Seminar ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (HMJ T PWK).

"Setiap kepala daerah pelanjut harus bisa memikirkan prinsip keberlanjutan ini. Jangan sampai, setiap kepala daerah menolak keberlanjutan ini karena menganggap itu adalah warisan pemerintahan yang lalu," tegas IAS lagi.

Penting di mata IAS, setiap kepala daerah menekan egonya dan menjaga prinsip keberlanjutan ini.

Celebes Plano Festival merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh HMJ Teknik PWK setiap tahunnya.

Kegiatan ini dihadiri Prof Dr Darussalam, MAg (Wakil Rektor III UINAM), Prof Dr Muh Khalifah Mustami, MPd. (Dekan Sains dan Teknologi UINAM), Andi Idham AP ST MSi., (Ketua Jurusan Teknik PWK) dan menghadirkan 4 pembicara, yaitu Drs Pelopor MEng, Sc (Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional ATR/BPN), Dr Ir Andi Yurnita ST MSi (Kepala bidang bidang tata ruang dinas PUTR provinsi Sulsel), Dr Ir H Ilham Arief Sirajuddin MM (Walikota Makassar 2004-2014), dan Arief Isnaeni ST MSP, IAP. (Ketua IAP Sulsel). (*)

  • Bagikan