Mahkamah Agung Ganjar Pengadilan Negeri Parepare Tiga Penghargaan Nasional

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pengadilan Negeri Kota Parepare berhasil meraih tiga penghargaan nasional yang dianugrahkan oleh Mahkamah Agung RI melalui Direktorat Jenderal Peradilan Umum. Tiga capaian itu diantaranya, penghargaan layanan hukum posbakum terbaik III kategori Pengadilan Negeri Kelas II, penghargaan pelaksanaan evaluasi implementasi SIPP terbaik IV (harapan I) kategori Pengadilan Negeri kelas II.

Dan penghargaan role model terbaik Pengadilan Negeri kelas II yaitu Khusnul Khatimah selaku Ketua Pengadilan Negeri Parepare. Penerimaan peghargaan di Jogjakarta, diserahkan langsung oleh Ditjen Badilum MA RI kepada perwakilan Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi di lingkungan peradilan Umum yang dinilai telah memenuhi kriteria dan standar kualitas yang telah ditentukan oleh Ditjen Badan Peradilan Umum.

Penilaian tersebut dilakukan secara berjenjang dan melalui tahap-tahap evaluasi yang menghasilkan nama-nama pengadilan penerima penghargaan. Juru Bicara Pengadilan Negeri Parepare, Restu Permadi mengungkapkan capaian yang diraih tersebut, Selasa 13 Desember 2022. " Tiga penghargaan yang diterima oleh Pengadilan Negeri Parepare merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen Pengadilan Negeri Parepare dalam memberikan pelayanan yg prima terhadap masyarakat,"ungkapnya.

Aparatur Pengadilan Negeri Parepare, kata Restu, sangat bersyukur karena keseriusan komitmen dari Aparatur Pengadilan Negeri Parepare didalam mewujudkan pelayanan prima telah mendapatkan apresiasi dan respon yg positif dari masyarakat pengguna layanan, dan juga dari Mahkamah Agung melalui Ditjen Badilum MA RI.

Hal tersebut dapat dilihat dalam laporan triwulan ke tiga di tahun 2022. Pengadilan Negeri Parepare telah mencapai Poin Indeks Kepuasan Masyarakat 4.00, dan pada bulan Desember 2022 Pengadilan Negeri Parepare dianugerahi 3 penghargaan sekaligus oleh Dirjen Badilum MA RI.

Sebagai Informasi bahwa Posbakum Pengadilan negeri Parepare merupakan salah satu bentuk layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yg memberikan layanan gratis berupa informasi hukum, konsultasi hukum, advis hukum, pembuatan dokumen hukum, dan informasi mengenai advokat yg bersedia memberikan pendampingan hukum secara cuma-cuma.

Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara merupakan salah satu sistem aplikasi yg digunakan oleh badan peradilan untuk memonitoring dan mengevaluasi capaian kinerja penyelesaian perkara setiap periode waktu tertentu, sehingga efektifitas penyelesaian perkara di badan peradilan bisa terkendali dengan baik.

Role model merupakan salah predikat sekaligus tugas yg melekat secara ex officio pada diri seorang Ketua Pengadilan, karena seorang Pemimpin suatu institusi negara, tentu harus mampu menjadi tauladan bagi aparatur pegawai yg dipimpinnya sehingga didalam menjalankan tugasnya seorang Ketua Pengadilan Negeri Parepare dapat dikatakan sebagau ikon dan cerminan bagaimana karakter aparatur pegawai Pengadilan Negeri Parepare.

" Ketiga penghargaan yang diterima Pengadilan negeri Parepare akan terus menjadi motivasi dan inspirasu seluruh Aparatur Pengadilan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan pengadilan negeri parepare yg prima dg mottonya Transparan, Efektif, Profesional, Akuntabel, Tidak memihak (TEPAT).(*)

  • Bagikan