Malam Tahun Baru, Sejumlah Ruas Jalan Tutup di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Parepare akan memberlakukan penyekatan atau penutupan di sejumlah ruas jalan di Kota Parepare di malam pergantian tahun, Sabtu, 31 Desember 2022. Kebijakan penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi aksi konvoi dan mencegah kerumunan, dan diberlakukan mulai pukul 18.00 hingga 02.00 dini hari.

"Mulai jam 18.00 WITA, sampai selesai pergantian tahun. Bisa juga melebihi itu," ungkap Kasat Lantas Polres Parepare, Iptu M Arafah kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat 30 Desember 2022, siang.

Laporan: Munandar

M Arafah mengimbau kepada masyarakat dalam merayakan pergantian tahun, agar dilakukan tidak secara berlebihan. "Kita imbau masyarakat agar tidak berlebihan, mengingat saudara kita di daerah lain mengalami musibah," imbau Arafah.

Bukan hanya itu, mantan Panit I PJR Tol Polda Sulsel, meminta kepada para orang tua agar mengawasi anak-anaknya saat pergantian tahun. "Khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua, itu diawasi supaya tidak terjadi laka lantas," pesannya.

Cegah Bali

Satlantas Polres Parepare juga bakal melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya aksi balapan liar (Bali). "Untuk patroli juga, kita libatkan tim Sabhara. Dan semua personil Satlantas Polres Parepare. Terutama di lokasi rawan terjadi aksi Bali," ujar Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Parepare, Iptu Samsidi.

Samsidi menjelaskan, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di dalam kota, Satlantas akan mulai melakukan rekayasa lalu lintas atau penutupan jalan. "Secara umum untuk jalur dari arah Makassar menuju Sidrap akan melewati jalan bau massepe. Jadi kalau arah Sidrap dia menggunakan jalur ahmad yani. Kemudian untuk arah pinrang, dia menggunakan jalan lahalede. Begitu pun juga dengan sebaliknya kita arahkan ke Ahmad Yani kemudian masuk Jenderal Sudirman, itu untuk jalur lintas daerah," jelas Samsidi.

Untuk beberapa titik yang dilakukan rekayasa lalu lintas dalam hal ini penutupan jalan di dal kota, Samsidi menyebut bahwa yang pertama di KM 0 akan ditutup untuk kendaraan roda empat. Dan akan dialihkan ke Jalan Bau Massepe.

Sementara roda dua bisa masuk melalui Jalan Mattirotasi. "Diarahkan kesitu untuk mengurai kemacetan dan kepadatan khususnya di dalam taman Mattirotasi," ujarnya. Untuk mengantisipasi ketika kepadatan terjadi di jalan, kendaraan yang melintas bakal diarahkan ke jalan lingkar lapadde-lumpue.(*)

  • Bagikan