Nasruddin Waris Nahkodai IKA UNHAS Sidrap

  • Bagikan

SIDRAP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Drs Nasruddin Waris, M.Si terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Kabupaten Sidenreng Rappang pada Musyawarah Daerah (Musda) I, Selasa, 13 Desember 2022 di Aula Kompleks SKPD Sidrap.

Nasruddin yang merupakan Asisten Administrasi Umum Setda Sidrap terpilih melalui keputusan formatur berjumlah lima orang, yang terdiri dua unsur Pengurus Wilayah IKA UNHAS Sulsel, satu dari inisiator, dan dua peserta.

Selain Nasruddin, terdapat dua calon lain, yakni Muhammad Iqbal dan Andi Faisal Ranggong. Berdasarkan tata tertib yang disepakati, ketiga calon diberi kesempatan untuk bermusyawarah untuk memutuskan satu calon yang diusung.

Setelah bermusyawarah sekira 15 menit, ketiga calon menyepakati keputusan diserahkan kepada formatur. Hasilnya, formatur memutuskan Nasruddin Waris sebagai ketua periode 2022-2026.

Selain Nasruddin, terdapat dua calon lain, yakni Muhammad Iqbal dan Andi Faisal Ranggong. Berdasarkan tata tertib yang disepakati, ketiga calon diberi kesempatan untuk bermusyawarah untuk memutuskan satu calon yang diusung.

Namun setelah bermusyawarah sekitar 15 menit, ketiga calon menyepakati keputusan diserahkan kepada formatur. Hasilnya, formatur memutuskan Nasruddin Waris sebagai ketua.

Usai terpilih, Nasruddin menyatakan kesiapan untuk memimpin IKA UNHAS daerah Sidrap dan segera menyusun kepengurusan.

“Bismillah, Saya siap mengemban amanah ini. Terima kasih dukungan dan partisipasi seluruh rekan-rekan,” ujar alumni Jurusan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 1987 yang selesai 1992.

Sebelumnya, Bupati Sidrap diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten, H. Basra membuka musda, berharap IKA UNHAS Sidrap menjadi wadah bersilaturahmi sekaligus sarana aktualisasi dan pemberdayaan potensi alumni.

“Ini musda yang pertama sekaligus momentum eksistensi organisasi IKA UNHAS di Bumi Nene Mallomo ini,” ujar Bupati Dollah Mando melalui sambutan tertulisnya.

Ia pun berharap, musda melahirkan kepengurusan yang mampu mewujudkan soliditas para alumni, serta membangun kolaborasi dan sinergitas berbagai stakeholder.

Sementara Wakil Ketua VII Pengurus Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Ferdi Mochtar berharap kepengurusan IKA UNHAS Daerah Sidrap lebih menghidupkan potensi alumni.

Selain Ferdi Mochtar, beberapa Pengurus Wilayah IKA UNHAS Sulsel yang mengikuti sekaligus memandu proses musda. Mereka adalah Muhammad Iqbal Arifin, Andi Rahmat Arfadly, dan Muhammad Ichsan Asy’ari.

Pembukaan musda sendiri dihadiri Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf. Andika Ari Prihantono, Kasi Pidsus Kejari Sidrap, Abdurahman, Kapolsek Watang Pulu, Iptu Suwandi, para kepala OPD dan camat lingkup Pemkab Sidrap.

MUSYAWARAH DAERAH Ke-17
Panitia Pelaksana Musda I IKA UNHAS Sidrap yang sukses diketuai Nasruddin Waris, didampingi sekretaris, Ahmad Jafar, dan bendahara, Wahida Alwi.

Adapun peserta musda yakni seluruh alumni dari seluruh jenjang baik D2, D3, D4, S1, S2, hingga S3 yang berdomisili di kabupaten Sidrap. Musda IKA UNHAS Sidrap merupakan yang ke-17.

Ketua terpilih, Nasruddin yang juga inisiator pembentukan Ikatan Alumni Sidrap berharap agar potensi alumni yang besar bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah dan negara.

Puluhan alumni, baik ASN maupun non ASN menghadiri rapat tersebut, termasuk Sekda Kabupaten Sidrap, H. Basra.

Dalam rapat tersebut juga disepakati, musda akan dilaksanakan di Aula Kompleks SKPD Sidrap mulai Pukul 13.00 Wita.

Adapun peserta musda yakni alumni dari seluruh jenjang baik D2, D3, D4, S1, S2, hingga S3 serta lintas fakultas.

Nasruddin yang juga inisiator pembentukan Ikatan Alumni UNHAS Sidrap menyatakan Kabupaten Sidrap memiliki potensi alumni yang besar untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah dan negara.

Berdasarkan data yang dihimpun KABARIKA.ID, jumlah kabupaten di Sulsel yang telah melakukan Musda sebanyak 17, yakni:
1 Tgl 25 Juni 2022 Luwu Timur
2. Tgl 03 Agustus 2022 Wajo
3. Tgl 06 Agustus 2022 Pangkep
4. Tgl 06 Agustus 2022 Palopo
5.. Tgl 06 Agustus 2022 Luwu
6. Tgl 20 Agustus 2022 Luwu Utara
7. Tgl 27 Agustus 2022 Pare-Pare
8. Tgl 27 Agustus 2022 Sinjai
9. Tgl 28 Agustus 2022 Bulukumba
10. Tgl 28 Agustus 2022 Soppeng
11. Tgl 3 September 2022 Makassar
12. Tgl. 29 September 2022 Enrekang
13. Tgl 26 Oktober 2022 Selayar
14. Tgl 28 Oktober 2022 Gowa
15. Tgl 30 Oktober 2022, Bantaeng
16. Tgl 29 November 2022 Pinrang
17. Tgl 13 Desember 2022 Sidrap

  • Bagikan