Dewan Pangkep Berguru Pengembangan Kawasan Industri di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pengembangan kawasan industri, UMKM dan terkait perizinan produk halal menjadi titik fokus kunjungan Komisi II DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Senin, 16 Januari 2022 di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Parepare.

Kunjungan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Pangkep Indriani didampingi Ketua Komisi II H Syahruddin R beserta anggota Irwan Nursaid, Nurbaini, H Abd Rasyid, Ibrahim, Budiamin dan Amiruddin Thahir.

Kedatangan rombongan diterima Kepala Disperindag Kota Parepare, Catur Prasetyo didampingi Sekretaris Disperindag, Kabag Ekonomi, Kabid Perindustrian, Kabid Perdagangan dan Staf Bidang Perindustrian.

Ketua Komisi II DPRD Pangkep, H Syahruddin R dalam pertemuan itu menuturkan tujuan dari kedatangannya di Disperindag Kota Parepare. "Ada tiga pokok persoalan yang ingin kami pahami terkait pengembangan kawasan industri, UMKM dan perizin usaha,"singkat mantan Sekper PT Semen Tonasa tersebut.

Usai pertemuan itu, Sekretaris Disperindag Kota Parepare, Herman Kadir menjelaskan, kunjungan anggota DPRD Pangkep untuk mengetahui terkait pengembangan kawasan industri. " Pangkep punya rencana terkait pengembangan kawasan industri di daerahnya, olehnya itu para wakil rakyatnya datang belajar ke daerah kami,"ujar Herman.

Olehnya itu, lanjut Herman, mewakili pemerintah kami memberikan penjelasan agar mereka pun bisa membuat semacam kajian terkait pengembangan kawasan industri tersebut. Selain itu, para anggpta dewan juga mempertanyakan tentang pembinaan UMKM. "Kami lebih banyak fokus pada pengembangan industri kecil menengah (IKM), jadi tadi kita sampaikan bagaimana melakukan pembinaan, pelatihan-pelatihan dan bantuan yang mereka butuhkan,"katanya.

Selain itu, saat ini kita juga terus berupaya agar mereka para pelaku IKM lebih fokus dan percaya diri jika produk yang dihasilkannya mampu menjadi barang ekspor. Dengan bekerjasama dengan penerintah provinsi, khususnya bidang luar negeri. "Kerjasama ini bertujuan agar mereka juga mau mendorong hadirnya produl ekspor,"timpalnya.

Ditambahkannya, Disperindag Parepare juga kini mempunyai upaya dan bantuan bagi pelaku IKM agar produk mereka dapat bersertifikat halal.(*)

  • Bagikan