Diklat Kader Bela Negara PNS Kemhan Dibuka

  • Bagikan

BOGOR, PAREPOS. FAJAR.CO.ID - PNS Kemhan golongan 1 dan II sebanyak 40 orang mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) Kader Bela Negara, di Lapangan Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Kegiatan dimulai 30 Januari dan akan berakhir 3 Februari 2023.

Diklat dibuka Kapusdiklat Bela Negara, Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia, mewakili Kabadiklat Kemhan RI. Diklat sebagai Implementasi dari UUD 1945 pasal 27 ayat (3) dan UU. No. 23 tahun 2019 tentang pengelolaan Sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Dalam sambutannya Kabadiklat yang dibacakan Kapusdiklat Bela Negara mengatakan, Diklat Kader Bela Negara diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bela negara serta melatih WNI yang bekerja sebagai pegawai yang berkepribadian Pancasila dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

Itu melalui berbagai pengetahuan, seperti pengantar bela negara, nilai dasar bela negara, wawasan kebangsaan, sistem pertahanan semesta, sejarah perjuangan bangsa, kepemimpinan berwawasan bela negara, kewaspadaan dini, bahaya narkoba, bahaya radikalisme, Api Semangat Bela Negara (ASBN) serta ketrampilan dasar bela negara.

Kabadiklat juga menekankan bahwa peserta harus mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku di Pusdiklat Bela Negara serta semua instruksi dari pengajar dan pelatih. Jangan pernah menyerah dan tetap semangat merupakan modal utama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada peserta diklat.

Hadir dalam upacara pembukaan, yang mewakili Karopeg Kemhan, para Kapusdiklat Badiklat Kemhan atau yang mewakili, Kabid, dan Widyaiswara Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan. (*)

  • Bagikan