Ini Nasihat Tanri Abeng Saat Disambangi ‘Gubernurku’

  • Bagikan

JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sowan ke tokoh nasional berdarah Sulsel, Dr H Tanri Abeng, MBA. Pertemuan santai itu juga dihadiri putera pengusaha nasional itu, Emil Abeng.

Ketiganya terlibat obrolan santai. Membahas dinamika politik nasional, perkembangan politik Sulsel, sampai obrolan tentang kesehatan. IAS mengaku begitu kagum dengan vitalitas Tanri Abeng di usianya yang ke-80. Wali kota Makassar 2004-2014 itu tak kuasa menahan diri bertanya, apa resepnya.

Apalagi, Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan itu masih aktif bermain tenis lapangan. Salah satu olahraga yang terbilang berat.

Kunci utama hidup sehat pria kelahiran Selayar, 1942 itu adalah pola hidup yang juga sehat. Rutin olahraga, cukup istirahat, dan menjaga pikiran agar terjauhkan dari pola pikir negatif.

"Kita adalah tuan bagi diri sendiri. Fisik ini adalah rumah terbaik bagi diri kita. Jadi, jika Anda tidak merawatnya, jangan harap Anda berpeluang mendiami lebih lama," ujar Tanri Abeng di kediamannya, di Simprug, Jakarta Selatan, Rabu, 18 Januari 2023.

Terkait pilgub Sulsel 2024 mendatang, Tanri Abeng berharap akan melahirkan pemimpin yang piawai mencari dan mengundang hadirnya investor besar. Tidak melulu mengandalkan APBD untuk membangun daerah.

Dia lalu mencontohkan bagaimana piawainya Prof Andi Amiruddin saat menjabat gubernur. Begitu kreatif menggalang investor.

"Saya salah satu putera Sulsel yang aktif mendorong investor swasta mau masuk ke Sulsel ketika itu. Itu bisa terjadi karena gubernurnya saat itu memang aware dengan itu," kata pemilik Tanri Abeng University ini.

Tak terasa, obrolan mereka bertiga berlangsung hingga sejam. Dalam kesempatan itu, IAS yang dijuluki "Gubernurku memohon agar didoakan sekaitan dengan niatnya maju di pilgub Sulsel 2024 mendatang. (*)

  • Bagikan