Kadis PKHP Soppeng Klaim Ratusan Hewan Ternak Sembuh dari PMK

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng mencatat, per 30 Desember 2022 sudah tidak ada lagi ditemukan hewan ternak di Kabupaten Soppeng yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas PKHP Soppeng Erman Asnawi mengatakan, dari total 486 kasus PMK yang terjadi di Kabupaten Soppeng, sebanyak 478 ekor ternak telah dinyatakan sembuh, 7 ekor dipotong bersyarat dan 1 mati.

"Pencapaian ini tidak lepas dari langkah-langkah strategis yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Perikanan meliputi vaksinasi, pengobatan dan pengawasan lalu lintas ternak," kata Erman Asnawi, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurutnya, walau kasus PMK di Kabupaten Soppeng sudah zero kasus, namun pihaknya masih terus menggencarkan program vaksinasi bagi hewan ternak.

Capaian vaksinasi PMK Kabupaten Soppeng saat ini, sudah mencakup 5.594 ekor hewan ternak. Dengan 5.090 ekor di antaranya sudah menerima vaksinasi dosis pertama dan 504 ekor untuk vaksinasi dosis kedua.

"Masih banyak ternak yang belum tervaksin, sehingga diharapkan partisipasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi sebagai salah satu upaya menghentikan penyebaran penyakit PMK di Kabupaten Soppeng," tambah Erman Asnawi. (wis)

  • Bagikan