Keren, Dua Putra Parepare Jabat Direktur Keuangan dan Komisaris di PT Semen Tonasa

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Semen Tonasa yang berlangsung di Jakarta, 6 Januari lalu, memilih putra daerah Parepare-Pangkep, HM Anis, SE, MM sebagai Direktur Keuangan menggantikan Ginarko Isnubroto di perusahaan BUMN yang berlokasi di Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep itu.

Selain Anis, posisi Direktur Operasi dan Produksi, Mochamad Alfin Zaini juga dipilih menggantikan Winardi yang wafat akhir tahun 2022 lalu. Sedangkan, posisi direktur utama, RUPS tetap memilih Mufti Arimurti. Sedangan posisi komisaris, tiga nama masih tetap dipertahankan pada RUPS, masing-masing, Komisaris Utama Agung Wiharto, dan Andi Sumardi Sulaiman, serta Husain Abdullah sebagai komisaris yang juga putra asal Kota Parepare.

Husain Abdullah

Anis adalah putra kelahiran Parepare, 7 Juni 1976. Sebelum dipilih menjadi direksi, pria dengan lima anak ini menjabat sebagai GM Keuangan di PT. Semen Tonasa. Dia memulai karier di perusahaan BUMN itu sebagai karyawan biasa pada tahun 1995. Istrinya adalah perempuan asal Lembang, Labakang, Pangkep bernama Darwati Asnar.

Alumni SMKN 1 Parepare itu melanjutkan studi sarjana di jurusan Ekonomi YPUP Makassar dan melanjutkan studi di sela-sela kesibukannya di Program Magistes Manajemen Unhas. “Ini amanah yang diberikan pada RUPS di Jakarta. Insya Allah, saya akan bertanggung jawab dan membawa Semen Tonasa berkolaborasi untuk kepentingan daerah dan stake holder,” ujar Anis.

Soal alokasi Corporate Social Responsibilty (CSR) yang penyalurannya sangat terbatas selama pandemi, Anis menyatakan akan tetap melanjutkan dengan harapan program tanggung jawab sosial perusahaan ini penyalurannya tepat sasaran. “Kita tetap fokus perhatikan masyarakat Sulsel, khususnya ring satu sekitar pabrik. Tapi tentu kita ingin betul-betul tepat sasaran,” paparnya.

Harapanya, kata dia, penyaluran dana CSR ini memiliki nilai tambah. Bukan hanya untuk kesejahteraan sosial masyarakat sekitar pabrik, tapi juga interaksi antara perusahaan dengan masyarakat setempat. GM Komunikasi Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, Andi Said Chalik yang dihubungi juga mengakui nama Anis diberi amanah untuk mengisi posisi direktur keuangan di perusahaan berkapasitas 7,6 juta ton per tahun ini. “Ini amanah sekaligus menjawab keterwakilan daerah di posisi direksi dan juga komisaris. Pak Anis itu asli Parepare beristri asal Pangkep,” tambahnya. (*)

  • Bagikan