Taufan Pawe Apresiasi Kinerja MUI Parepare dalam Pembangunan Keumatan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Parepare menggelar pelatihan dakwah kontemporer yang dirangkaikan dengan sosialisasi pemetaan potensi umat dan kerentanan sosial.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe hadir, sekaligus membuka kegiatan tersebut, yang dipusatkan di Hotel Bukit Kenari, Senin, 9 Januari 2023. Mengusung tema "Tantangan Umat dan Problematika Sosial Keagamaan di Tengah Arus Disrupsi".

Dihadari Ketua MUI Kota Parepare, Kiai Haji Abd Halim K, sejumlah pejabat pimpinan SKPD, jajaran pengurus MUI, unsur Forkopimda, dan undangan lainya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota melaunching website MUI. Website itu bakal menjadi wadah untuk menampung aspirasi, dan penyebaran informasi seputaran MUI Kota Parepare.

Wali Kota Taufan Pawe, mengatakan MUI sebagai otoritas fatwa, ijtihad kolektif yang punya peran penting dalam pembangunan keumatan di Parepare.

"Peran MUI sangat menentukan arah pembangunan keumatan. Saya mengapresasi kegiatan ini, merupakan wujud MUI untuk meningkatkan pemahaman keagamaan serta tatanan kehidupan beragama," jelas Taufan Pawe.

Wali Kota pun menilai MUI hadir sebagai payung teduh, semua unsur umat beragama. Termasuk, bangga dengan kinerja MUI. Bahkan mengkaui, dana hibah yang diberikan Pemkot Parepare dapat tersalurkan dengan baik melalui kegiatan keumatan ini.

"Jadi Insya Allah, kita akan tingkatkan dana hibah MUI. Sudah harus tembus Rp100 juta. Karena saya sadar, tidak ada daya saya kalau saya tidak berpegang teguh kepada payung agama," kata Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare dua periode ini juga menyinggung pelatihan produk halal MUI. "Di Parepare, produk halal sudah mencapai 97 persen," katanya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Parepare KH Abdul Halim K menjelaskan kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini merupakan kemaslahatan umat. Bahkan, kegiatan ini dapat terwujud atas bantuan dana hibah dari Pemkot Parepare.

"Berharap kita kembali membangkitkan semangat, sebagai tokoh agama dan ulama," katanya.

Ia pun menjelaskan, ulama ini mewarisi ilmu pengetahuan. Olehnya itu, MUI Kota Parepare hadir mendorong para ulama, atau ustaz untuk menyampaikan ajaran agama kepada masyarakat terhadap kemaslahatan akhlak.

"Kami juga bersyukur dengan adanya bantuan dari Pemda sehingga kita melakukan kegiatan seperti ini," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan