Banjir Kembali Melanda Kota Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Kota Parepare dan sekitarnya diguyur hujan deras Rabu, 1 Februari 2023, sekitar pukul 17.30 Wita. Baru satu jam hujan, sejumlah wilayah terdampak banjir.Dari pantauan PAREPOS yang dihimpun di beberapa grup Whatsapp, banjir melanda sebagian wilayah Lontangnge, Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki.

Selain itu, hujan deras berdampak banjir di kompleks perumahan Pondok Bahagia Panroko, Jalan Bambu Runcing, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Tegal, Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung. Tak hanya itu, juga beredar video sejumlah motor tergenang banjir di sekitar di belakang Rusunawa Umpar.

Banjir juga menerjang Blok H Perumnas,
Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan
Bacukiki. Informasi lainnya, air mengalir
begitu deras di perbatasan Parepare-Barru. Bahkan, PKM Lapakaka, Kelurahan Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Barru juga tergenang banjir. Bahkan beredar sebuah video. Dari video tersebut, nampak sejumlah perawat di bantu oleh warga mengevakuasi salah seorang pasien yang berada di atas tempat tidur.
“Bantu dorong-bantu dorong. Deras sekali arus-nya,” singkatnya dalam rekaman isi video tersebut.

Tim SAR Brimob menurunkan dua
tim SAR dan 1 tim yang siap siaga
di Mako Brimob bilamana ada semacam urgen dan memerlukan bantuan lebih. Begitupun tim SAR BPBD juga turun untuk melakukan pertolongan terhadap warga yang terjebak banjir. Personel Dinas Damkar dan Penyelamatan juga diterjunkan melakukan evakuasi di
sejumlah titik. Bahkan, tim SAR BPBD Pangkep juga datang untuk membantu efakuasi korban.

Selain banjir, hujan deras juga menyebabkan longsor di Jalan Kusuma Timur. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD
Kota Parepare, Hj Irma Suryani yang dihubungi melalu telepon mengaku bersama personel BPBD turun ke lokasi titik banjir. “Saya bersama tim, semuanya diturunkan untuk melakukan evakuasi di
sejumlah titik yang terdampak banjir ” singkatnya. Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Parepare, Erik melaporkan kondisi
di Lontangnge. Dari laporannya, tim SAR cukup kesulitan menembus titik banjir karena kondisi air yang sudah meluap. (*)

  • Bagikan