Bupati Majene: FKP Butuhkan Komitmen Seluruh Stakeholder

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Forum Konsultasi Publik (FKP) memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat.

Hal ini, dipaparkan Bupati Majene Andi Achmad Syukri saat membuka kegiatan FKP Kabupaten Majene 2024 secara tatap muka dan zoom meeting di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, kemarin.

"Kegiatan ini, dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Majene tahun 2024, dengan tema Sinergitas Percepatan Pembangunan Infrastruktur Berkualitas yang Berwawasan Lingkungan dalam Menciptakan Pemerataan Pembanguan," urai Andi Syukri.

Ia mengatakan, pelaksanaan FKP merupakan moment strategis, khususnya dalam mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pembanguan daerah untuk 2025, yang outputnya diharapkan menjadi media, membutuhkan komitmen seluruh stakeholder serta konsistensi dalam pengawasan menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

"Untuk itu, perlu komitmen dan kesepahaman, agar tema strategis pembangunan bisa diwujudkan melalui program prioritas," harapnya.

Dituturkan, untuk prioritas daerah 2024 yang dirumuskan, di antaranya peningkatan kesejahteraan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan ketahanan keluarga serta peran perlindungan perempuan dan anak, menciptakan kemudahan akses lapangan kerja, penguatan reformasi birokrasi, inklusifitas pelayanan publik dan supremasi hukum.

"Selain itu, penguatan kelitbangan untuk kajian inovasi pembangunan daerah, penguatan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal, produktivitas hasil pertanian industrialisasi agrobisnis dan agroteknologi, produktivitas dan industrialisasi produk perikanan, pengendalian harga-harga kebutuhan pokok," terangnya.

"Juga pembangunan infrastruktur yang merata dan berwawasan lingkungan, peningkatan kualitas perumahan dan kawasan permukiman, serta penguatan dan preservasi nilai budaya dan kearifan lokal," tambahnya. (edy)

  • Bagikan