Diduga Akibat Aktivitas Tambang, Bojo Baru Dilanda Banjir

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Banjir kembali terjadi di wilayah Kelurahan Bojo Baru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Parepare ini, diterjang banjir setelah hujan yang turun selama 4 jam pada Rabu malam, 1 Februari 2023.

Menurut laporan warga, adanya aktivitas tambang serta rusaknya lingkungan di pegunungan diduga menjadi penyebab banjir parah di Bojo

Dikonfirmasi Lurah Bojo Baru, Mahyudin mengaku banjir yang terjadi di wilayah Bojo Baru akibat luapan air sungai dan air dari pegunungan. Namun ia belum dapat memastikan apakah banjir disebabkan karena rusaknya lingkungan disekitar. "Kami masih akan survey baru bisa menarik kesimpulan," katanya.

Ditanyai terkait tambang galian C yang ada disekitar wilayah, lurah juga belum memberikan informasi. Alasannya masih akan mengecek dengan melibatkan pihak ahli dalam lingkungan.

Sekira 50 rumah warga yang terdampak banjir di wilayah Bojo Baru, termasuk kantor lurah dan puskemas tergenang air setinggi paha orang dewasa. Bahkan dalam video terlihat salah satu pasien puskemas Bojo harus dievaluasi karena air yang masuk di dalam ruangan perawatan.

"Semalam pak sekda, BPBD dan dinsos sudah berkunjung ke bojo," kata lurah.

Banjir ini juga meluapkan air hingga ke jalan poros Parepare Makassar. Air yang meluap dari gunung di perbatasan Bojo Parepare menggenangi jalan raya hingga menimbulkan kemacetan.

Banjir serupa kerap terjadi di wilayah ini. Pada medio Maret dan November 2022, banjir juga melanda wilayah tersebut dan merusak pemukiman warga.(wal)

  • Bagikan