Penguatan Wirausaha, Dosen Umpar Gelar Pemberdayaan Kelompok Tani di Enrekang

  • Bagikan

ENREKANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID --
Dosen Universitas Muhammadiyah Parepare menggelar kelompok tani wanita di Desa Batu Mila melalui Program Kemandirian Masyarakat (PKM) di Bidang Peternakan dalam upaya penguatan wirausaha.

Pada kegiatan itu, produk olahan peternakan yang dihasilkan adalah nugget ayam yang bergizi tinggi. Adapun, Tim PkM Umpar yang turun terdiri dari, dosen Program Studi (Prodi) Peternakan, Irmayani yang juga sebagai ketua Tim Pkm didampingi dosen Prodi Peternakan Rasbawati, dan tiga orang mahasiswa Prodi Peternakan Umpar.

Irmayani mengatakan, kegiatan ini didanai oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada Skema Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah RisetMu Batch VI tahun anggaran 2022.

Menurutnya, melalui pengabdian anggota kelompok tani Wanita tersebut, diberikan penyuluhan pelatihan pembuatan Nugget, pengemasan nugget dan pemasaran secara online melalui Facebook, Instagram dan Whatsapp.

"Kita berharap, agar kelompok tani Wanita memiliki keterampilan dalam pengolahan produk peternakan dalam hal ini nugget ayam bergizi sehat dan higienis," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya keterampilan ini diharapkan anggota kelompok, mampu berwirausaha dengan menghasilkan nugget ayam yang bergizi sehat dan higienis.

Mereka, akan memasarkan produk yang dihasilkan melalui media online.

"Sehingga, diharapkan akan menambah penghasilan anggota kelompok yang secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan," jelasnya.

Sementara, salah satu anggota kelompok Tani Wanita mengatakan, Nugget merupakan makanan yang bergizi dan disukai oleh semua kalangan masyarakat sehingga pemasarannya tidak memiliki kendala. (has)

  • Bagikan