Sholawat Nariah : Arti, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, Bacaan Lengkap, dan Keutamaan

  • Bagikan

Membaca sholawat kepada Rasulullah SAW dapat diamalkan umat Muslim setiap waktu. Seperti salah satunya yang sudah sangat familiar adalah sholawat Nariah. Lantas, sebenarnya apa arti sholawat Nariyah? 

Sholawat Nariah menjadi salah satu bacaan sholawat yang sangat umum dan mungkin umat Muslim tidak asing lagi dengan bacaan sholawat ini yang memang kerap diamalkan di sela – sela waktu setelah adzan dikumandangnkan dan menunggu ditunaikannya waktu sholat. 

Karena itu, berikut ini ada ulasan tentang arti sholawat Nariah beserta waktu pelaksanaan, tata cara, bacaan lengkapnya, dan keutamaannya :

  1. Arti Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah adalah salah satu amalan untuk meraih syafaat Rasulullah SAW dan menjadi salah satu sarana bagi umat Muslim untuk bermunajat dan bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW agar dijauhkan dari balam maupun bencana. 

  1. Waktu Pelaksanaan sholawat Nariyah

Agar dimudahkan rezeki, bacalah sholawat Nariyah sebanyak 11 kali setiap hari setelah sholat fardhu. Sementara, jika ingin dimudahkan dari segala urusan, baca sebanyak 31 kali setelah menunaikan sholat Subuh. Namun, jika ingin dimudahkan dari penyakit dan bahaya, baca sebanyak 90 kali setiap hari. 

  1. Tata Cara Pelaksanaan sholawat Nariyah
  • Bagi umat yang sedang mengalami kesusahan karena kehilangan barang, baca sholawat Nariyah sebanyak 4444 kali, maka Insya Allah barang yang hilang akan segera kembali. 
  • Agar rezeki lancar, dijauhkan dari gangguan yang jahat, atau dimudahkan mencapai hajat besar, baca sholawat Nariyah sebanyak 444 kali.
  • Membaca sholawat Nariyah sebanyak 40 kali setiap hari bisa bermanfaat untuk menghilangkan segala macam kesusahan, memudahkan pekerjaan, menerangkan hati, dan meluruhkan. 
  • Membaca sholawat Nariyah sebanyak 21 kali tiap setelah sholat Subuh dan Maghrib bisa melindungi dari musibah dan malapetaka apapun. 
  • Setelah menunaikan sholat 5 waktu dianjurkan untuk membaca sholawat Nariyah 11 kali agar dijauhkan dari bala atau musibah lahir dan batin. 
  1. Bacaan sholawat Nariyah

Bacaan Latin : Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasalim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. 

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnusl khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya : “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau. 

  1. Keutamaan sholawat Nariyah
  • Pembuka Rezeki Tiada Putus

Allah akan mengangkat derajat umat yang sering membaca sholawat Nariyah. Bahkan Allah juga akan selalu membuka lebar pintu rezeki untuknya. 

  • Menghilangkan Kesedihan Dan Membuat Masalah Menjadi Ringan

Sering membaca sholawat Nariyah juga mampu menghilangkan rasa sedih yang sedang merundung umat Islam. Selain itu, amalan ini juga akan membuat tiap masalah yang dihadapi oleh hamba Allah akan terasa lebih ringan dan bisa terselesaikan dengan mudah.

Sholawat Nariah memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan umat Muslim saat mengamalkannya. Apalagi jika mengamalkannya pada bulan Ramadhan, hal itu tentu bisa menjadi amalan pelengkap agar bisa mendapatkan banyak pahala dan kebaikan. (*)

  • Bagikan