Arus Penumpang Diprediksi Naik 15 %, GM Pelindo Parepare: Terapkan Cashless di Bulan April

  • Bagikan

GM Pelindo Regional 4 Kota Parepare, Sardi ST MM

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- PT Pelindo Regional 4 Kota Parepare menggelar program Selasa Menyapa dengan tema 'Pelayanan Penumpang dan Roro',. Kegiatan yang dihadiri sejumlah awak media, baik cetak maupun online tersebut digelar di Terminal Tunggu Pelabuhan Nusantara, Selasa, 7 Maret 2023.

GM Pelindo Regional 4 Kota Parepare, Sardi ST MM dalam pemaparannya menuturkan, program selasa menyapa dilaksanakan untuk menyampaikan program-program apa saja yang dilaksanakan secara langsung dan akan ditindaklanjuti. Salah satunya saat ini, yakni program peningkatan pelayanan penumpang menjelang angkutan lebaran 2023.

"Tahun ini, asumsi arus penumpang
angkutan lebaran akan mengalami peningkatan sekitar 15 persen atau sekitar 74.678 penumpang dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 64.526 penumpang,"ujarnya.

Maka dalam upaya memberikan kenyamanan bagi kedatangan maupun keberangkatan penumpang berbagai pembenahan telah dilakukan. Diantaranya, penambahan kursi set di terminal penumpang dari 240 menjadi 740 tempat duduk, perubahan flow penumpang dan pengantar atau penjemput, pembuatan posko angkutan lebaran, perbaikan jalan pelabuhan, pengecatan terminal penumpang, perbaikan dan penambahan bilik toilet penumpang.

"Toilet dari 6 menjadi 15 bilik bagi wanita, pria dari 8 menjadi 7 bilik dan orinior dari 9 menjadi 8 unit serta perbaikan toilet umum milik Dinas Pariwisata,"kata Sardi. Bukan hanya itu, lanjutnya, penataan tempat parkir kendaraan dan pengaturan contra flow penumpang dan kendaraan.

Sardi lebih jauh menjelaskan, Pas Pelabuhan Nusantara masih menerapkan tarif lama dengan dasar peraturan direksi PT Pelindo IV Tahun 2020, kesepakatan bersama asosiasi tentang penyesuai tarif pas Tahun 2019 dan berita acara rapat penerapan Centralized Ticketing Terminal (CTT) pertanggal 9 Juli 2023.

"Saat ini kita terus berupaya untuk menerapkan program pembayaran non tunai atau cashless dan penerapannya ditargetkan April 2023,"tegasnya. Tarif tanda masuk atau Pas dan sistem pembayaran di Pelabuhan Nusantara, secara cashless saat ini baru diterapkan pada Pas Mobil dan Motor.(*)

Berikut jenis Pas dan Pembayaran di Pelabuhan Nusantara:

  • Bagikan