Bawaslu Patroli Kawal Hak Pilih Warga Majene

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Majene terus melakukan upaya dalam mewujudkan penyelenggaraan pengawasan pemilihan umum yang berintegritas, berkualitas, dan akuntabel dengan melaksanakan pengawasan di daerah ini.

Untuk memastikan masyarakat wajib pilih tercoklit, Bawaslu Kabupaten Majene melakukan patroli Kawal Hak Pilih Masyarakat wajib pilih, kemarin. "Patroli kawal hak pilih warga ini dengan sasaran di perbatasan Kecamatan Banggae," terang Indriana Mustafa Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Majene.

Laporan: Ardedy Hamzah

Patroli Kawal Hak Pilih lanjutnya, Bawaslu Majene bersama dengan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Banggae beserta Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD) se Kecamatan Banggae.

"Kegiatan ini, dilakukan di beberapa titik perbatasan antar kecamatan, seperti di wilayah Galung Pa'ara Desa Pambo’borang berbatasan dengan Kecamatan Pamboang dan Lingkungan Galung berbatasan dengan Kecamatan Banggae Timur," ulasnya.

Dijelaskan, kegiatan patroli untuk memastikan bahwa semua warga yang tinggal d iperbatasan Kecamatan Banggae seperti Galung Pa’ara Desa Pambo’borang dan Lingkungan Galung telah mendapat hak suara dengan adanya bukti A-Stiker Coklit terpasang di rumah warga tersebut.

"Sampai saat ini, kami belum mendapat adanya warga yang tidak mendapat hak pilihnya, dan kami terus melakukan pengawasan terhadap tahapan pemutakhiran data pemilih atau coklit meski telah berakhir pada tanggal 13 Maret 2023," akunya.

Untuk sementara sambung Indriana, menganggap, bahwa koordinasi yang di bangun antara Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) di setiap TPS dan PKD di setiap wilayah Banggae menunjukkan sinergitas positif.

"Kami selaku Pimpinan Bawaslu Kabupaten Majene akan memberi teguran terhadap Panwascam dan PKD Kecamatan Banggae apabila terdapat kelalaian dalam pengawasan. Sehingga  ada masyarakat yang dirugikan seperti tidak mendapat hak pilihnya pada Pemilu 2024," tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panwascam Banggae Sirajuddin menyampaikan, sampai saat ini pengawasan yang dilakukan bersama PKD se-Kecamatan Banggae sangat massif terhadap tahapan Pemuktahiran data pemilih yang dilakukan Pantarlih. "Kita berharap, ke depannya pengawasan yang kami lakukan bisa lebih massif dan lebih ditingkatkan lagi," harapnya.(*)

  • Bagikan