Disbudpar Majene Usul Revitalisasi Cagar Budaya ke Kemendikbud Ristek RI

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO..ID -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Majene terus berupaya meningkatkan program terkait fungsi Disbudpar Majene dari segala bidang.

Hal itu, dibuktikan dengan Sekretaris Disbudpar Majene Muhammad Afiat Mulwan telah menimba ilmu dan informasi dari para Direktur dan Tenaga Ahli Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI).

"Selain kita silaturahmi, juga konsultasi dengan Kepala Balai Pelestarian Wilayah XVIII terkait agenda 2023 untuk Disbudpar Majene, jadi tentu kita butuh support, juga silaturahmi dan sharing informasi dari Penggiat Kebudayaan dan Dinas Kebudayaan Daerah lain," urai Afiat, kemarin.

Disebutkan, pada awal Maret 2023, juga telah resmi berkunjung ke Kemendikbud Ristek RI, untuk melakukan koordinasi, dan sharing pembiayaan Program Bidang Kebudayaan Tahun Anggaran (TA) 2023.

"Kita juga konsultasi tentang mekanisme administrasi rencana penataan Museum Mandar yang sudah ditetapkan menjadi Cagar Budaya," sebutnya.

Selanjutnya, atas arahan Kadisbudpar Majene Rustam Rauf, turut mendampingi Bupati Majene Andi Achmad Syukri dalam kegiatan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI terkait sinergi pelaksanaan dan Pemanfaatan Cagar Budaya.

"Kegiatan ini, Bupati Majene menyampaikan proposal revitalisasi Museum Mandar Majene untuk mendapat porsi penganggaran pada APBN 2024 melalui Program Revitalisasi Cagar Budaya Kemendikbud Ristek dan Kementerian PU-PR," ujarnya. (edy)

  • Bagikan