IAS Terkejut Setelah Tahu Soal Ini di UMS Rappang

  • Bagikan

SIDRAP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Sidrap, Muhammad Rohadi Ramadan, ngobrol santai dengan kandidat bakal calon Gubernur Sulsel 2024, Dr Ilham Arief Sirajuddin, Kamis, 16 Maret 2023.

Mereka ngopi di Warkop Ruby, Jalan Dr Sam Ratulangi, Pangkajene, Sidrap, setelah sama-sama salat subuh di Masjid Quba, Jalan Nene' Mallomo. IAS memesan teh hangat tanpa gula, dua telur setengah matang, serta mie instan. Rohadi lebih pilih kopi susu dan kue dadar.

Keduanya bertukar pikiran seputar konsep risalah Islam berkemajuan. Konsep itu merupakan pandangan Muhammadiyah tentang Islam sebagai pokok pikiran Muhammadiyah abad kedua. Tujuannya agar pandangan Islam dapat dilaksanakan, dan menjadi alam pikiran seluruh warga dan pimpinan Muhammadiyah.

IAS kemudian berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Sidrap (UMS) di Pancarijang. IAS terkejut dengan optimalnya institusi ini memberi dukungan pada digitalisasi desa.

Buktinya, Desa Bulo yang menjadi binaan UMS berhasil menembus Lomba Keterbukaan Informasi Publik Desa Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022. Itu berkat Aplikasi Sistem Informasi BUMDES dan Manajemen Kelurahan/Desa (SiBERAS) milik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang.

"Yang lebih mengejutkan lagi, di tahun keempat berdiri, UMS sudah mengantongi klaster utama berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," puji IAS.

IAS disambut Rektor UMS Rappang, Prof Jamaluddin, S.Sos., M.Si. Setelah bernostalgia karena keduanya adalah alumni program doktoral UNM, keduanya lalu bertindak sebagai pembicara dalam diskusi panel bertema Peran Desa Cerdas dalam Menunjang Digitalisasi Desa.

Sederet petinggi asosiasi kepala desa ambil bagian dalam diskusi ini. Hangat dan mengalir sangat cair. (*)

  • Bagikan