Insiden Plumpang, Dewan Prihatin Kondisi Depo Pertamina Parepare

  • Bagikan

Kondisi depo pertamina di Kota Parepare

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang menuai keprihatinan sejumlah pihak. Termasuk, pimpinan dan anggota DPRD di Kota Parepare. Pasalnya, letak dan keberadaan Depo Pertamina Plumpang ada kemiripan dengan keberadaan Depo Pertamina di Soreang, Parepare. Posisinya bersebelahan dengan permukiman warga.

Laporan: Hasruddin

Hal inilah yang dikhawatirkan Ketua
DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir
dengan peristiwa kebakaran Depo
Pertamina Plumpang yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan harta benda. Kaharuddin Kadir pun berharap akan mendapatkan penjelasan secara detail dari Depo Pertamina Parepare, terutama SOP serta kondisi perpipaan yang dilalui bahan bakar minyak dari pelabuhan masuk ke lokasi penampungan.

“Karena keberadaan Depo Plumpang mirip Parepare, yakni bersebelahan permukiman warga, maka saya selaku ketua DPRD agar mendapat penjelasan dari pihak Pertamina, terkait SOP dan kondisi perpipaan di sana,”
harapnya.

Menurutnya, penjelasan pihak Depo Pertamina Parepare sangat penting. Ini soal safety untuk mengedukasi warga sekitar sebagai bentuk antisipasi. “Dan kita berharap insiden itu, tidak terjadi di Parepare. Namun, tentunya penjelasan pihak Depo Pertamina, terutama soal SOP sebagai bentuk safety baik pihak Depo sendiri, terlebih kepada
masyarakat untuk antisipasi dan
berjaga-jaga,” jelas legislator Golkar ini.

Tak hanya soal SOP, dia juga berharap pihak Depo Pertamina Parepare untuk memberikan penjelasakan terkait perlindungan dan advokasi. Terutama dalam hal upaya membentengi keselamatan warga sekitar Depo Pertamina Parepare. “Soal perlindungan dan advokasi, mudah-mudahan pihak Depo Pertamina bisa memberikan penjelasan. Mereka siap benteng penyelamatan bagi masyarakat sekitar yang berkaitan dengan keamanan yang perlu kita dengar dari mereka,” ujarnya.

Dia pun mengungkapkan, DPRD rencananya akan mengundang pihak Depo Pertamina untuk rapat dengar pendapat terkait hal ini, sebagai bentuk perlindungan ke masyarakat yang berada di sekitar Depo Pertamina.

“Selaku Ketua DPRD akan meminta melalui komisi terkait untuk mengundang pihak Depo Pertamina untuk memberikan penjelasan terkait hal itu dalam rapat dengar pendapat atau kita turun langsung ke Depo Pertamina mengecek langsung kondisi perpipaan dan
SOP-nya,” jelasnya.

Senada juga disampaikan anggota DPRD Kota Parepare, Kamaluddin Kadir. Dirinya juga prihatin insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang. “Soal Depo Pertamina di Parepare sangat berdekatan dengan permukiman warga dan fasilitas umum, apalagi kami prihatin dengan kejadian Depo Plumpang. Sehingga Depo Pertamina Parepare sangat penting untuk menyampaikan secara terbuka SOP penanganan keselamatan,” harap legislator Gerindra ini.

Selain SOP, dirinya juga berharap pihak Depo Pertamina Parepare memberikan penjelasan kesiapsiagaan alat kebencanaan. “Begitu juga dengan dampak yang akan ditimbulkan,” katanya. Tak hanya itu, dirinya juga akan mengusulkan rapat dengar pendapat dengan pihak Depo Pertamina Parepare. “Saya juga akan usulkan untuk RDP atau kunjungan kerja langsung bersama Komisi III ke Depo Pertamina Parepare untuk melihat dan mendengarkan SOP dan penanganan terhadap dampak yang akan ditimbulkan,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, insiden kebakaran Depo Plumpang mengakibatkan menelan korban jiwa, sehingga menjadi kekhawatiran. “Kita berharap pihak Depo Pertamina di Parepare memberikan penjelasan terkait
SOP. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, kejadian Depo Plumpang ada banyak korban jiwa, korban harta benda, dan kerugian sosial
lainnya,”tandasnya.(*)

  • Bagikan