Mengemuka Maju di Pilgub 2024, Guntur: Syamsuddin A Hamid Layak untuk Sulsel

  • Bagikan

Politikus PPP, Guntur Hanafi bersama mantan Bupati Pangkep, H Syamsuddin A Hamid

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Meskipun pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan yang rencana digelar pada November 2024 nanti secara serentak di Indonesia. Namun, riak-riak politik yang bakal maju di Pilgib 2024 nanti kini sudah mulai bermunculan.

Salah satunya, mulai mencuat dipermukaan adalah H Syamsuddin A Hamid SE. Mantan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dua periode dengan capaian 130 penghargaan tingkat nasional tersebut dinilai sejumlah pihak layak diperhitungkan.

Selama menjabat baik sebagai Ketua DPRD maupun Bupati, H Syamsuddin A Hamid sangat dikenal dengan gaya khas sederhana. Ia kerap berani memberikan kebijakan pro rakyat dalam pemerintahannya. “Baik posisi calon gubernur maupun wakil gubernur, saya kira pak Syamsuddin sangat cocok. Selain popularitasnya tinggi kepedulian dan kepiawaiannya memimpin pun sudah teruji, di daerah yang memiliki wilayah tiga dimensi yakni kepulauan, pegunungan dan daratan,”ujar politikus PPP, Guntur Hanafi, Jumat, 3 Maret 2023.

Pak Syam sapaan akrab H Syamsuddin A Hamid yang kini menjabat Ketua Bidang Organisasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Selatan, lanjut Guntur, figur menjadi paling representatif dari semua kalangan, baik agama dan kaum millenial serta mudah dilirik partai politik apapun. Gebrakannya saat memimpin daerahnya hingga dijuluki Jokowi dari Sulsel, kerap berani memberikan kebijakan pro rakyat. Salah satunya program beasiswa bagi mahasiswa yang hingga saat ini diterapkan di Kabupaten Pangkep.

” Selain itu, kepiawaiannya dalam mengelola sistem pemerintahan dalam tiga tahun daerahnya yang masuk kategori daerah tertingal, terbukti dengan inovasinya mampu berhasil keluar dari daerah tertinggal,”tegas Guntur. Maka, Sulawesi Selatan kini membutuhkan orang-orang yang mempunyai prestasi dan gebrakan serta pekerja keras seperti yang dilakukan mantan Ketua Golkar Pangkep tiga periode tersebut.

Dari data yang dihimpun, kini sederet nama tokoh dan elite partai mulai disebut-sebut memiliki kans besar maju dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024. Mereka diantaranya Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wakil Ketua Umum Golkar, Nurdin Halid.

Mencuat pula nama Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe, hingga Mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Dari sederet nama-nama tersebut, sejauh ini hanya dua figur yang secara blak-blakan menyatakan kesediaannya ingin maju bertarung di Pilgub. Dia adalah dua kawan karib yang hubungannya sempat merenggang karena pilihan politik, Danny Pomanto (DP) dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS)." Kita nantikan gebrakan H Syamsuddin A Hamid,"tutup Guntur. (*)

  • Bagikan