Sekda Majene Apresiasi Mafindo Pencegahan Berita Hoax

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Permasalahan hoaks menjadi tantangan serius dalam transformasi digital di Indonesia, termasuk di daerah ini.

Maraknya hoaks di daerah ini, terkait isu politik, kesehatan, dan penipuan digital. Dengan begitu, berbagai upaya dilakukan untuk menahan laju penyebaran hoaks, dan pendekatan tradisi lokal menjadi salah satu strategi penting.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Wilayah Sulawesi Barat akhirnya menyelenggarakan Kampanye Publik “Pahlawan Masa Kini: Lawan Informasi Hoax” yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, kemarin.

Kegiatan ini, diselenggarakan bersama kegiatan Sekolah Kebangsaan–Program Tular Nalar yang merupakan salah satu kegiatan Mafindo tersebut.

Presidium Mafindo Puji F Susanti menyampaikan, suatu hal yang membanggakan, skor indeks literasi digital masyarakat Sulbar telah mencapai angka 4,07.

"Tantangan yang dihadapi adalah media sosial yang dapat melampau batas ruang dan waktu, sehingga memungkinkan berita bohong berkembang dengan cepat dalam hitungan menit," paparnya.

Namun, peluangnya adalah modalitas penangkalan berita bohong yang sudah dimiliki masyarakat dapat dikembangkan menjadi sebuah imunitas untuk penangkalan informasi bohong di media digital.

"Karena itu, masyarakat tetap perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya keamanan digital dan etika digital, terutama kesigapan masyarakat dalam menghadapi misinformasi dan disinformasi menjelang Pemilu 2024," jelasnya.

Selanjutnya, juga diselenggarakan Deklarasi Mafindo Sulbar yang merupakan pernyataan serta komitmen Mafindo Sulbar untuk terlibat aktif mencegah dan menangkal hoaks di media digital melalui tradisi lokal yang ada.

"Juga sekaligus menunjukkan komitmen Mafindo Sulbar untuk berjejaring dengan segenap pemangku kepentingan guna mencegah dan menangkal hoaks," ujarnya.

Pelaksana Tugas Koordinator Wilayah Mafindo Sulbar Dedy Aswan menjelaskan, Deklarasi Mafindo Sulbar dan Sekolah Kebangsaan diharapkan para pemangku kepentingan dan masyarakat pada umumnya, ikut berperan aktif dalam menguatkan serta mengembangkan budaya digital dan penanganan terhadap informasi bohong di media sosial.

"Melalui kegiatan ini, Mafindo Sulbar juga berharap Sulbar dapat terus memajukan literasi digital dan berpikir kritis dalam menghadapi tantangan zaman," harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Majene Ardiansyah mengucap apreasi dan dukungan penuh kepada Mafindo Sulbar dalam upaya edukasi pencegahan hoaks.

"Saya kira hoaks ini adalah musuh seluruh pemerintah kabupaten, musuh seluruh masyarakat dunia, karena ini menimbulkan keresahan dan menimbulkan perpecahan, sehingga Pemkab Majene dengan visi Unggul, Mandiri, dan Religius berharap, bahwa berita hoaks ini bisa kita hilangkan, sebar narasi positif dan saling menguatkan," pintanya. (edy)

  • Bagikan