Suardi Saleh Hadiri Peresmian Jalur KA Bersama Jokowi di Maros

  • Bagikan

MAROS.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Presiden RI Joko Widodo hadir langsung meresmikan pengoperasian jalur Kereta Api (KA) Maros-Barru, Jokowi secara tiba-tiba mengajukan pertanyaan ke Bupati Barru Suardi Saleh, yang ikut menghadiri peresmian rute Maros-Barru, dan Depo Kereta Api Maros, Rabu 29/3/2023.

Saat itu Jokowi hendak menaiki mobil berplat Indonesia-1, namun tiba-tiba melempar pertanyaan singkat ke Bupati Barru Suardi Saleh yang berdiri tidak jauh dari mobil ketika akan mengantar Presiden Jokowi ke lokasi kunjungan berikutnya.

"Daerah mana saja Pak Bupati, yang sudah dilewati jalur Kereta Api Makassar- Parepare,"tanya Jokowi ke Bupati Barru.

Dengan sikap hormat, Bupati Barru dua periode itu lalu menjawab.

"Ijin Pak Presiden, yang sudah dilewati Jalur Kereta Api adalah Maros, Pangkep dan Barru,"ujar Bupati Barru.

Suardi kemudian melanjutkan penjelasan terkait progress pembangunan Perkeretaapian khususnya di wilayah Kabupaten Barru.

Bupati secara umum menguraikan, total panjang Rel Kereta Api di Kab Barru, mainline 42,8 KM, Sinding Garongkong 4,7 KM dengan Stasiun Tanete Rilau, Barru, Takkalasi, Mangkoso dan Palanro.

"Alhamdulillah Pak Presiden, Jalur Kereta Api yang sudah terkonstruksi di Kabupaten Barru 47,5 KM dan sejauh ini berjalan lancar dan juga sudah terkoneksi dengan Pelabuhan Garongkong Barru, harapan kami semoga dengan ini bisa mendorong optimalisasi fungsi pelabuhan Garongkong, kawasan industri / KEK, pariwisata dan sektor lainnya serta pertumbuhan ekonomi secara umum di Kabupaten Barru,” jelas Suardi sembari meminta arahan Presiden.

Secara terpisah, Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, dirinya sedikit kaget mendapat pertanyaan mendadak dari orang nomor satu di Indonesia itu. Namun dibalik itu Suardi mengaku bersyukur bisa menjelaskan secara singkat ke Presiden terkait progress Pembangunan Perkeretaapian di Kabupaten Barru. (mad/humas)

  • Bagikan