Tingkatkan Pelayanan, RS Hasri Ainun Habibie Hadirkan Ruang Operasi Elektif Zero Infeksi

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Satu lagi teknologi yang dihadirkan oleh manajemen RS Regional dr Hasri Ainun Habibie Kota Parepare Sulawesi Selatan. Demi meningkatkan pelayanan berstandar nasional, RS yang beroperasi sejak tahun 2020 itu menghadirkan kamar operasi yang lebih canggih. Dimana didalam ruangan operasi dapat menyerap seluruh virus maupun bakteri agar tidak menyebar keluar lalu dibuang melalui lubang exhaust.

Menurut Direktur RS Regional Hasri Ainun Habibie dr Mahyudin mengatakan, hadirnya ruang operasi yang terstandarisasi itu didasari karena infeksi yang timbul dari operasi dapat menyumbang resiko terhadap adanya infeksi pada pasien.

"Kita harapkan dengan hadirnya kamar operasi ini tidak ada lagi infeksi (zero Infeksi) yang timbul dari operasi karena beberapa penelitian menunjukkan adanya resiko infeksi pada pasien. Kami juga menjaga standarisasi dengan melakukan swab periodik dengan mengambil sampel dari dinding atau lantai ruang operasi untuk menguji bakteri atau virus itu nihil," tuturnya.

Selain itu, rumah sakit rujukan ini sudah dilengkapi alat pemeriksaan X-Ray, radiologi dan rongsen. Sehingga pasien tidak perlu lagi dirujuk hanya karena membutuhkan pemeriksaan laboratorium di RS lainnya.

"Alhamdulillah semuanya sudah dapat dilakukan di rumah sakit Hasri Ainun Habibie, sementara untuk CT Scan juga sudah ada, namun masih proses perizinan. Untuk laboratorium juga tidak perlu dirujuk lagi terkecuali pada item yang jarang untuk memperhitungkan biaya. Karena terkadang ada pemeriksaan laboratorium yang harganya mahal," ungkapnya.

Mahyuddin menyebut selain layanan itu, pada Januari 2023, RS Hasri Ainun Habibie juga sudah menyiapkan pelayanan transaksi perbankan atau payment poin melalui salah satu bank pemerintah yang hadir dan berkantor di lokasi rumah sakit. "Kedepan, pihak manajemen rumah sakit juga menghadirkan mini market untuk pelayanan kebutuhan pasien atau pengunjung rumah sakit," tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Perawatan, Fahri menuturkan ada empat ruang operasi (elektif) yang disiapkan pihak manajemen RS Hasri Ainun Habibie. Namun kata dia baru dua yang beroperasi. Keunggulan dari ruang operasi tersebut sebut Fahri, karena dilengkapi dengan eco filter sehingga udara yang masuk kedalam ruangan sudah steril. "Jadi udara yang masuk itu bersih lalu yang kotor akan diserap melalui exhaust," katanya.

Selain itu, alat kontrol didalam ruangan operasi menggunakan tombol touchscreen serta ruangan yang berhias ornamen lukisan untuk menambah kenyamanan pasien sebelum menjalani operasi.(*)

  • Bagikan