Uji Petik, KSOP Parepare Pastikan Keselamatan Penumpang Jelang Lebaran

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare melaksanakan uji petik pemenuhan standar kelaiklautan kapal penumpang dalam rangka kesiapan angkutan laut menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Uji petik dilakukan sesuai Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 1 Tahun 2023 tanggal 8 Februari 2023 tentang Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang Angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 dan Keputusan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Nomor KP-DK 1 Tahun 2023 tentang Pembentukan Tim Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang Angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah Tahun 2023.

Hal itu diungkapkan, Kepala Kantor KSOP Kota Parepare, Shaiful Horry yang ditemui, usai menunaikan Salat Jumat, 10 Maret 2023 di Masjid Agung, Kota Parepare. Shaiful menuturkan, kegiatan uji petik pada kapal penumpang dilaksanakan di Pelabuhan Nusantara. Selain dilakukan Tim Uji Petik KSOP Kelas III Parepare. Tim Uji Petik Ditkapel yang diketuai oleh Kasubdit Pengukuran, Pendaftaran, dan Kebangsaan Kapal Hendri Amir juga ikut dalam kegiatan tersebut. "Pelaksanaan uji petik pada kapal penumpang yang ada di Pelabuhan Nusantara, dalam rangka peningkatan keselamatan pelayaran menjelang angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023,"ungkap Shaiful Horry.

Tim KSOP telah melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal terhadap kapal di terminal pelabuhan Nusatara. Diantaranya, Kapal Penumpang KM Pantokrator dan KM Prince Soya, meliputi pemeriksaan konstruksi dan lambung kapal, pemeriksaan alat-alat keselamatan pada kapal, pemeriksaan dokumen-dokumen kapal, dan pemeriksaan permesinan kapal.

Shaiful menambahkan, pelaksanaan Uji Petik dilakukan untuk memastikan terpenuhinya persyaratan kelengkapan dokumen kapal, kualifikasi awak kapal, keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dari kapal. Serta manajemen keselamatan dan keamanan kapal, sebagai persiapan untuk menghadapi Lebaran Idul Fitri tahun ini yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang tahun ini.

Senada disampaikan, Kasi SHSK KSOP Parepare, Andi Agussalam jika
pelaksanaan uji petik memiliki tujuan untuk mempersiapkan armada kapal penumpang yang beroperasi di wilayah kerja KSOP Parepare. Dalam rangka peningkatan keselamatan pelayaran, agar seluruh armada yang ada di wilayah kerja pelabuhan Nusantara dalam keadaan layak layar.

" Maka memastikan kondisi keselamatan pelayaran dan meningkatkan layanan jasa bagi masyarakat setempat khusus para pengguna transportasi laut. Sehingga para penumpang selama berlayar terjamin keselamatannya dan tiba pada tujuannya tepat waktu berkumpul dengan keluarga,"tutupnya.(*)

  • Bagikan