Pantau Pelabuhan, Taufan Pawe Minta Arus Balik Berjalan Baik

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Penanganan arus balik di titik-titik krusial yang berpotensi terjadi kepadatan menjadi atensi. Hal itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pelaku perjalanan baik laut, darat maupun udara.

Namun, pelaksanaan arus balik berjalan baik di Kota Parepare. Itu diutarakan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di sela pemanatuannya di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare pada Kamis, 27 April 2023.

Pemantauan orang nomor satu di Parepare itu, sekaligus untuk memastikan pelayanaan keamanan arus balik berjalan aman dan lancar. Baik itu melalui moda transportasi laut maupun darat.

Dalam kunjungan tersebut, Wali Kota didampingi Kapolres Kota Parepare AKBP Andiko Wicaksono, Dandim 1405 Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta, GM Pelindo Regional IV Kota Parepare Sardi, Kepala KSOP Kota Parepare Shaiful Horry, Ketua DPRD Kota Parepare Kaharuddin Kadir dan sejumlah pimpinan SKPD lingkungan Pemkot Parepare serta stakeholder kepelabuhanan.

Tak hanya memeriksa data penumpang di Posko Terpadu Angkutan Lebaran di area Pelabuhan Nusantara, Wali Kota juga memantau kondisi salah satu kapal yang bersandar di dermaga. Setelah itu, meninjau Posko Operasi Ketupat yang berada di depan Kantor POS Indonesia.

Wali Kota mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk melihat tata kelola penumpang yang akan balik setelah libur Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

"Alhamdulillah, saya dan segenap jajaran saya beserta Dandim dan Kapolres bersama Pelindo dan KSOP melakukan kunjungan di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare untuk melihat arus atau tata kelola penumpang yang akan balik," kata Taufan Pawe.

Wali Kota pun mengaku bangga dengan KSOP beserta Pelindo dan pihak terkait yang memperlihatkan standar operasional prosedur (SOP) yang luar biasa.

"Saya sangat bangga bahwa manajemen pengelolaan atau penanganan arus balik penumpang ini yang didukung oleh KSOP beserta dengan Pelindo dan semua yang terlibat memperlihatkan SOP yang sangat-sangat luar biasa. Saya sangat yakin arus penumpang balik akan berjalan dengan lancar," jelas Taufan Pawe.

Dia juga meyakini dengan SOP yang sudah ada, maka semua penumpang yang akan balik
akan tertangani dengan baik.

"Saya tadi juga mendengar dari Pelindo dan KSOP bagi penumpang yang akan berangkat dan ternyata jadwalnya masih tertunda ada tempat transit yang disediakan," ucap Taufan Pawe.

Wali Kota menambahkan tren arus mudik dan balik ini, sangat menggembirakan di tahun 2023 ini, sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Ini harus kami syukuri karena perekonomian sudah mulai bergerak kembali dan sudah mulai pulih," ujar Wali Kota Parepare dua peride ini. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan