Erick Thohir Serahkan Jadwal Liga 1 Musim Depan ke Kapolri

  • Bagikan

JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Ketua Umum PSSI Erick Thohir resmi menyerahkan jadwal kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penyerahan jadwal tersebut merupakan langkah cepat yang diambil oleh Erick Thohir agar kompetisi Liga 1 musim depan berjalan lebih baik dibanding pada musim sebelumnya.

Kepastian izin pertandingan satu musim penuh dari pihak kepolisian sangat penting. Karena sepak bola Indonesia sudah menjadi sebuah industri yang sangat menguntungkan. Erick menambahkan, kendala-kendala izin pertandingan yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian akan bisa diselesaikan jauh hari.

Dengan tujuan kompetisi akan berjalan lebih teratur, tidak ada lagi yang digelar tanpa penonton, serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penonton, sponsor, dan juga pemegang hak siar Liga 1.

"Saya menyerahkan jadwal Liga 1 kepada Kapolri Pak Listyo Sigit dengan harapan PSSI akan terus berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal perizinan, pengaturan keamanan, serta memberikan kenyamanan bagi penonton, sponsor, serta siaran televisi,” ujar Erick Thohir dalam keterangan resmi dilansir di laman resmi PSSI, Kamis 11 Mei 2023.

Menteri BUMN itu juga dapat memastikan penyerahan jadwal Liga 1 2023-2024 kepada Kapolri Listyo Sigit sudah dikoordinasikan kepada PT LIB (Operator Liga 1) dan dirinya berharap komitmen itu supaya sepakbola Indonesia semakin baik kedepannya.

“Jadwal yang kami serahkan ini sudah kami koordinasikan dengan PT LIB sebagai operator liga, dan kita berharap semuanya komitmen demi lancarnya kompetisi sepakbola nasional," ucap Erick Thohir.

Erick mengatakan permintaan presiden Joko Widodo mengenai sistem Liga 1 musim depan supaya diperbaiki.

Mulai jauh-jauh hari pihaknya sudah bergerak merapikan sistem Liga 1 termasuk jadwal agar lebih tertata rapih dan tidak ada bentrok lagi antara pertandingan Liga dan agenda internasional timnas Indonesia.

"Hal ini sudah dibicarakan beberapa waktu lalu termasuk permintaan dari Presiden Jokowi. Kami coba merapikan sistem. Sebab jika sistemnya belum rapi, ya nanti jangan salahkan juga pihak kepolisian kalau tidak keluar izin,” ucap dia.

Erick menambahkan penyerahan jadwal kompetisi Liga 1 kepada Kapolri merupakan bagian dari komitmen PSSI yang sebelumnya menekankan kepada PT LIB untuk menyiapkan jadwal paling cepat tiga bulan sebelum kompetisi dimulai.

Untuk musim ini, kompetisi Liga 1 diagendakan bergulir bulan Juli 2023 mendatang. “Ini merupakan hasil kesepakatan saya dengan Pak Kapolri dan Presiden sudah meminta semua izin harus keluar 3 bulan sebelum pertandingan," ujar Erick Thohir. (*)

  • Bagikan