Lomba PJAS, SDN 43 Buttu Samang Masuk Peringkat 12  Kelas

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kabar gembira datang dari SDN 43 Buttu Samang Majene yang sukses mengukir prestasi di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023.

SDN 43 Buttu Samang berhasil masuk peringkat 12 Nasional pada lomba sekolah Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman yang diselenggarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

"SDN 43 Buttu Samang satu-satunya sekolah di Sulawesi Barat berhasil lolos 12 besar pada lomba PJAS Aman, bersama salah satu SD di Sulawesi Tengah," ujar Sahribunga Penanggung Jawab Lomba PJAS 2022 Kabupaten Majene, kemarin.

Ia berharap, SDN 43 Buttu Samang sukses melakukan wawancara untuk masuk 5 besar nasional.

 "Apabila kita lolos 5 besar akan mendapat kunjungan dari BPOM RI dan pihak yang terkait dalam lomba ini, sehingga SDN 43 Buttu Samang menjadi pilot Hing untuk sekolah lain di Majene, baik jenjang SD, SMP dan SMA-SMK," ujarnya.

Diuraikan, kegiatan lomba untuk menilai aktivitas penyajian jajanan sekolah yang aman dan sehat selama jam sekolah berlangsung.

"Para siswa atau murid yang membawa bekal dipantau di sekolah dan kantin sekolah untuk memastikan jajanan siswa atau murid benar-benar aman untuk dikonsumsi," akunya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Majene Dr Mithhar Thala Ali masih melakukan wawancara di SDN 43 Buttu Samang untuk menuju ke nominasi 5 besar Nasional.

"Penilaian sesi wawancara ini, melibatkan 5 Kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Agama, dan Lingkungan Hidup," sebutnya.

Ia menuturkan, terdapat enam sekolah seluruh Indonesia yang tampil wawancara via daring, termasuk SDN 43 Buttu Samang.

 "Wawancara ini melibatkan Disdikpora, Dinkes, Dinas PPA, Kemenag, Diskominfo, DLHK Majene, BPOM Sulbar, dan Puskesmas Lembang," ujarnya. (edy)

  • Bagikan