Media Digital sebagai Sarana Pengembangan Diri

  • Bagikan
Meiliana Putri (IST)

oleh: Meiliana Putri / Mahasiswi Prodi Jurnalistik IAIN Parepare

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Perkembangan teknologi yang semakin maju dan fasilitas digital yag memadai saat ini memberi banyak peluang di dunia kerja.

Peluang lapangan kerja di era digital memberikan kenyamanan dan lebih fleksibel karena lebih leluasa untuk menyesuaikan ritme kerja sehingga peluang ini lebih menarik.

Tak hanya itu, fasilitas teknologi yang memadai juga menjadi langkah awal generasi sekarang untuk mengembangkan dirinya dan mengasah skillnya.

Adapun generasi sekarang dituntut untuk memanfaatkan fasilitas teknologi dengan baik dan harus digital minded.

Di era serba digital generasi harus lebih memahami fenomena yang terjadi disekitarnya dan mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan kreativitas karena di zaman sekarang dibutuhkan hal-hal baru yang harus dimiliki untuk bersaing di industri kerja.

Mengenai peluang kerja di era digital ada banyak hal yang bisa digarap generasi muda saat ini.

Seperti mencoba menekuni profesi membuat konten (content creator), pemrograman, spesialis media sosial dan yang paling populer saat ini adalah menjadi selebgram yang di mana membuat konten untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa selain itu mempunyai keahlian dalam menulis dan videografi juga menjadi modal besar agar makin cakap dan bersaing di era digital.

Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia akan mencapai 215,63 juta orang pada 2022-2023.

Jumlah ini meningkat 2,67% dibandingkan periode sebelumnya sebanyak 210,03 juta pengguna. Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19 persen dari total penduduk Indonesia sebesar 275,77 juta.

Dibandingkan dengan periode riset sebelumnya, penetrasi internet Indonesia tahun ini meningkat 1,17 persen pada 2021-2022, yakni sebesar 77,02 persen. FYI, penetrasi internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2018, penetrasi internet di Tanah Air sebesar 64,8%, dan levelnya naik menjadi 73,7% pada 2019-2020.

Dalam menghadapi era digitalisasi keterampilan teknologi juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan daya saing generasi sekarang, seperti memiliki keterampilan dalam berkomunikasi contoh kemampuan dalam presentasi dan personal skill kemudian memiliki keterampilan kepemimpinan dan berkolaborasi dalam suatu organisasi atau antarindividu sama pentingnya dalam dunia kerja yang semakin berkembang.

Dengan demikian berikut tips menghadapi kemajuan digitalisasi:

1) Beradaptasi dengan gaya hidup digital menjadi upaya untuk menghadapi kenormalan baru dalam lapangan kerja, termasuk bagaimana sebuah perusahaan menjalankan bisnis dan berkoordinasi secara digital.

2. Bijak dalam penggunaan teknologi

Dalam penggunaan teknologi kita harus lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi dengan menekankan pentingnya memiliki sikap cerdas dan tepat dalam menggunakan teknologi dan ilmu pengetahuan.

3. Membuat inovasi baru

Dengan menciptakan penawaran yang menarik dan inovatif yang dihasilkan dari penggunaan teknologi.

Sementara itu dampak yang dapat ditimbulkan karena kemajuan teknologi adalah penggunaan gawai dan mengakses internet secara berlebihan rentan mendapat serangan cyber crime.

Hal ini bisa berdampak munculnya sikap individualisme dan kecanduan teknologi. Jadi, adanya fasilitas teknologi yang memadai harus dimanfaatkan sebaik mungkin tidak disalahgunakan dan digunakan sebagai sarana pengembangan diri untuk karir dimasa depan. (*)

  • Bagikan