Pangerang Rahim Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim didampingi Sekda Parepare, Iwan Asaad foto bersama dengan para peserta didik yang berprestasi usai upacara Hardiknas di lingkup Pemkot Parepare, Selasa, 2 Mei 2023.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menjadi inspektur upacara (Irup) Hardiknas di halaman Kantor Wali Kota Parepare, Selasa, 2 Mei 2023.

Usai upacara peringatan Hardiknas, Pangerang Rahim juga menyerahkan penghargaan Satyalencana bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemberian Satyalencana tersebut sebagai tanda kehormatan yang dianugerahkan kepada ASN atas dedikasinya yang telah berbakti selama 10, 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian.

Pangerang Rahim juga menyerahkan penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi serta menyerahkan hadiah kepada para juara pada pelaksanaan Pekan Kebudayaan 2023. Hadir Sekda Parepare, Iwan Asaad, Asisten, Staf Ahli, pimpinan SKPD, Lurah dan Camat lingkup Pemkot Parepare.

Sejumlah peserta upacara juga memakai pakaian adat. Wakil Wali Kota Pangerang Rahim pada kesempatan itu membacakan sambutan seragam Mendikbudristek.

Dia mengatakan, 24 episode Merdeka Belajar yang diluncurkan membawa pendidikan Indonesia saat ini semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

"Anak anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah saat ini telah dapat melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan," katanya.

Dia menjelaskan, guru saat ini lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Dia juga mengungkapkan, Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

"Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga pendidik hingga peserta didik di nusantara ini adalah kapten dari kapal besar Indonesia. Perjuangan harus kita teruskan," ungkapnya.

"Olehnya itu, mari kita semarakkan Hardiknas ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," tandasnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Patepare, Makmur Husain mengatakan, sejumlah ASN menerima penghargaan dan satyalencana di peringatan Hardiknas.

"Ada penyematan Satyalencana dilanjutkan pemberian penghargaan. Satyalencana itu yang kami berikan setiap tahun kepada seluruh PNS, tapi kami tadi berikan khusus untuk Guru yang 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, " kata Makmur.

Ia menjelaskan, daftar penerima Satyalencana ASN khusus lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare itu, terdaftar sebanyak 100 orang.

Selain penyematan satyalencana juga dirangkaikan penyerahkan hadiah kepada para juara pelaksanaan pekan kebudayaan 2023. Selain Satyalencana, Pemkot Parepare juga menyerahkan penghargaan kepada para guru beprestasi peraih juara Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Kota Parepare dan juga peraih juara Pawai Budaya pada HUT Kota Parepare, lalu. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan