Pesta Panen di Birue, Makan Sepuasnya Hingga Saling Siram Air Sebagai Bentuk Suka Cita

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pesta panen di Dusun Birue, Desa Siawung, Kecamatan Barru, berlangsung meriah, ratusan warga ikut dalam pesta adat tahunan itu, Kamis (11/5/2023). Turut hadir dalam acara ini Bupati Barru, Suardi Saleh beserta jajaran dinas terkait.

Kepala Desa Siawung, Sudirman dihadapan Bupati Barru, menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini. Dia berharap acara adat ini dapat mengangkat ada budaya dan kearifan lokal Dusun Birue.

Seperti diketahui bahwa pesta panen adat Paenge merupakan tradisi turun temurun warga Dusun Birue. Di acara ini warga tidak hanya Mappadendang tapi juga mereka saling siram air sebagai bentuk suka cita.

Di acara adat ini juga warga yang datang bisa makan sepuasnya. Mulai dari sajian makanan hingga kue tradisional.

Bupati Barru, Suardi Saleh menyampaikan bahwa pesta panen ini haruslah disambut dengan gembira.

Pasalnya, pesta panen ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat atas panen padi yang melimpah.

Selain itu, acara pesta panen ini adalah upaya menjaga tradisi leluhur yang sudah ada sejak dahulu.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul dan bersatu menjaga tradisi adat ini. Kami berharap hasil pertanian bisa terus meningkat," katanya.

Suardi Saleh berharap kedepannya, sistem irigasi dapat terus dioptimalisasi agar mendukung produksi pertanian. Selain itu Bupati mengungkap rencana acara adat ini bisa masuk kalender pariwisata Sulawesi Selatan.

"Kami ingin mendorong acara pesta panen adat Paenge dapat masuk di kalender pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan. Oleh karena itu waktu pelaksanaannya diharapkan bisa konsisten," tuturnya.

Disamping itu, lanjut Suardi Saleh meminta lokasi pelaksanaan acara adat ini harus siap dengan objek pendukung di dalamnya, agar bisa lebih menarik wisatawan. (mad)

  • Bagikan