Rehab Jalan di Parepare Disiapkan Anggaran Rp20 Miliar

  • Bagikan
Sebagian ruas Jalan Jenderal Sudirman Parepare nampak mulus setelah di aspal.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare berkomitmen untuk penataan wilayah. Salah satunya mempercantik infrastruktur jalan dengan menjadikan ruas Jalan Jenderal Sudirman sebagai salah satu ikon kebanggaan daerah. Apalagi masalah jalan rusak menjadi atensi pemerintah pusat untuk dibenahi.

Menjadi atensi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare pun melakukan rehabilitasi sejumlah ruas jalan dalam wilayah Parepare. Alokasi anggaran pun telah tersedia. Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp20 miliar lebih tahun 2023 ini. Itu untuk sejumlah ruas jalan dalam wilayah Parepare.

Seperti halnya Jalan Jenderal Sudirman yang diharapkan menjadi land mark di Kota Parepare. "Terkait dengan ruas Jalan Jenderal Sudirman tahun lalu ada beberapa segmen yang telah ditambal karena membahayakan pengguna jalan," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare, Widin Wijaya, Selasa 23 Mei 2023.

Namun saat ini, kata dia, Dinas PUPR melakuakn pengaspalan pada dua sisi jalan. "Untuk tahun ini, Dinas PUPR kembali menganggarkan melalui DAK untuk pekerjaan rehabilitasi sejumlah ruas jalan, termasuk Jalan Jendral Sudirman mulai dari pertigaan Bau Massepe (Lapangan Sumpang) hingga depan Kafe Reza," jelasnya. "Adapun yang telah diaspal antero tahun kemarin, itu tidak di overlay (lapisan atas) lagi," sambungnya.

Tak hanya ruas Jalan Jenderal Sudirman, Dinas PUPR juga menganggarkan sejumlah ruas jalan melalui DAK tahun 2023, dan sudah berjalan.

"Sudah mulai dikerja, termasuk Jalan Nurussamawati. Tapi, kita kerja pendukung jalannya, yaitu drainase sebelum dihotmix," ujarnya.

Dia pun merincikan ruas jalan yang dianggarkan melalui DAK 2023. "Rehab Jalan Jenderal Sudirman Rp6.547.897.500, Rehab Jalan Nurussamawati Rp2.418.976.800, Kompleks Pasar Lakessi Rp1.304.430.000, Rehab Jalan Pemuda Rp2.649.845.550, Rehab Jalan Tonrangeng River Side Rp2.663.575.750, Rehab Jalan Andi Makkasau Rp5.167.238.400. Ini ruas yg bersumber dari Dana DAK 2023," ucapnya.

Tak hanya ruas Jalan Jenderal Sudirman dan Nurusamawati, ruas Jalan Bumi Asri pun mulai direvitalisasi. Gerak cepat perbaikan jalan tersebut, sekaligus menjawab aspirasi dan aduan masyarakat yang kerap melintas di jalur yang menghubungkan kota bawah dan kota atas di Parepare.

Perbaikan Jalan Bumi Asri dipantau lamgsung oleh Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare, Widin Wijaya pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Dia menjelaskan, sebelum dilakukan perbaikan yang rusak sekaligus pengaspalan ruas jalan itu, tahap pertama pengerjaan asesorisnya seperti duiker untuk saluran air agar air tidak lagi tergenang saat hujan.

"Kita benahi dulu saluran airnya dan drainase agar air tidak tergenang saat hujan, " kata Widin Wijaya di lokasi perbaikan jalan.

Dia mengungkapkan, ruas jalan tersebut rusak lantaran air tergenang akibat tidal optimalnya saluran air di situ, sehingga dengan adanya drainase nantinya, genangan air itu sudah tidak ada.

"Setelah pekerjaan drainase rampung. Maka, fokus pekerjaan pada badan jalan yang rusak kita perbaiki, sekaligus diaspal hingga batas lingkaran dekat masjid," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, tidak hanya perbaiki lubang jalan, tetapi juga jalan itu akan ditinggikan. "Beton u-dith sebagai saluran air. Termasuk jalan itu dinaikan levelnya sehingga tidak ada lagi genangan air saat hujan. Sehingga masyarakat yang melintas di jalur itu, sudah terasa aman dan nyamaan saat berkendara, " imbuh mantan Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Parepare ini.

Dia menambahkan, revitalisasi jalan di Parepare terus digenjot. "Tahun ini, banyak ruas jalan di Parepare akan direvitalisasi yang anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus atau DAK, "tandasnya. (nan)

  • Bagikan