Revitalisasi Jalan di Parepare Terus Digenjot, Ruas Jalan Bumi Asri Mulai Dikerja

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Sejumlah ruas jalan rusak di Kota Parepare menjadi atensi dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Salah satunya ruas jalan yang masuk dalam segmen Jalan Bumi Asri,  Kelurahan Bumi Harapan,  Kecamatan Bacukiki Barat,  kini mulai dikerja untuk diperbaiki. 

Gerak cepat perbaikan jalan tersebut,  sekaligus menjawab aspirasi dan aduan masyarakat yang kerap melintas di jalur yang menghubungkan kota bawah dan kota atas di Parepare. 

Perbaikan Jalan Bumi Asri dipantau lamgsung oleh Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare,  Widin Wijaya pada Sabtu,  20 Mei 2023.

Widin Wijaya menjelaskan, sebelum dilakukan perbaikan yang rusak sekaligus pengaspalan ruas jalan itu, tahap pertama pengerjaan asesorisnya seperti duiker untuk saluran air agar air tidak lagi tergenang saat hujan. 

"Kita benahi dulu saluran airnya dan drainase agar air tidak tergenang saat hujan, " kata Widin Wijaya di lokasi perbaikan jalan. 

Dia mengungkapkan,  ruas jalan tersebut rusak lantaran air tergenang akibat tidal optimalnya saluran air di situ,  sehingga dengan adanya drainase nantinya, genangan air itu sudah tidak ada.  

"Setelah pekerjaan drainase rampung. Maka,  fokus pekerjaan pada badan jalan yang rusak kita perbaiki, sekaligus diaspal hingga batas lingkaran dekat masjid," ujarnya. 

Dia juga mengungkapkan,  tidak hanya perbaiki lubang jalan, tetapi juga jalan itu akan ditinggikan.

"Beton u-dith sebagai saluran air. Termasuk jalan itu dinaikan levelnya sehingga tidak ada lagi genangan air saat hujan. Sehingga masyarakat yang melintas di jalur itu,  sudah terasa aman dan nyamaan saat berkendara, " imbuh mantan Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Parepare ini. 

Dia menambahkan, revitalisasi jalan di Parepare terus digenjot. "Tahun ini, banyak ruas jalan di Parepare akan direvitalisasi yang anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus atau DAK, " kata mantan Lurah Sumpang Minangae ini. (has) 

Editor: PAREPOS
  • Bagikan