Sebagian Penelitian Masih Meragukan Cokelat Bisa Bangkitkan Birahi

  • Bagikan
Cokelat. (IST)

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seksual seseorang dalam beberapa hal tertentu.

Salah satu manfaat kesehatan seksual yang dikaitkan dengan cokelat adalah kemampuannya meningkatkan aliran darah ke organ-organ seksual.

Hal ini terkait dengan kandungan flavonoid dalam cokelat, senyawa alami yang juga ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu.

Flavonoid dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ seksual, yang dapat meningkatkan gairah seksual dan kepuasan.

Selain itu, cokelat juga dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak, senyawa yang membantu mengatur suasana hati dan emosi. Kondisi psikologis yang sehat dan positif dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksual seseorang.

Namun, ada juga penelitian yang membantah hubungan langsung antara konsumsi cokelat dan kesehatan seksual.

Salah satu artikel yang membahas hal ini ada pada jurnal Pengobatan Seksual pada tahun 2015 dengan judul "Chocolate and Sexual Function: A Randomized Clinical Trial".

Penelitian ini menemukan bahwa konsumsi cokelat selama 2 minggu tidak meningkatkan fungsi seksual pada wanita yang sudah mengalami masalah seksual.

Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan hasil yang kurang konsisten mengenai hubungan antara konsumsi cokelat dan kesehatan seksual.

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi cokelat terkait dengan peningkatan gairah seksual dan fungsi seksual, sedangkan penelitian lain menunjukkan hasil yang bertentangan.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat kesehatan cokelat tidak hanya terkait dengan kesehatan seksual, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Konsumsi cokelat dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kardiovaskular, mengurangi risiko diabetes tipe 2, dan meningkatkan kesehatan otak.

Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi cokelat secara seimbang dan tidak berlebihan, serta tetap menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk mendukung kesehatan seksual dan kesehatan tubuh secara umum.

Untuk mendapatkan manfaat cokelat, sebaiknya memilih cokelat hitam yang lebih rendah gula dan lemaknya dibandingkan dengan cokelat susu atau cokelat putih.

Dalam hal takaran, sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 30-60 gram cokelat hitam setiap hari, atau sekitar 1-2 ons. (kut)

  • Bagikan