Stres Dapat Memicu Semua Penyakit

  • Bagikan
Kepala Puskesmas Madising Na Mario Parepare, dr Linda Iriani Raflus usai memberikan materi pada bimibingan manasik haji di Kantor Kemenag Parepare pada Selasa, 9 Mei 2023.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. Banyaknya kegiatan ibadah yang harus diikuti dan udara panas di Madinah dan Mekkah membuat fisik cepat lelah.

Karena itu, menjaga kesehatan sejak dalam perjalanan dan selama berada di tanah suci sangat penting agar bisa menjalankan ibadah haji secara sempurna.

Terpenting adalah menghindari stres yang dapat memicu semua penyakit. Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Parepare yang berjumlah 120 orang mengikuti bimbingan menasik haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare.

Salah satu materi dalam manasik haji itu, terkait kesehatan dengan menghadirkan Kepala Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare dr Linda Iriani Raflus sebagai narasumber pada Selasa, 9 Mei 2023.

"Saya dipercaya membawakan materi terkait hal-hal apa yang harus dilakukan JCH untuk menjaga kesehatan dalam rangka meningkatkan kesiapan mereka, karena ada beberapa penyakit yang mungkin dianggap rawan saat berada di Mekkah," kata dr Linda.

Ia mengingatkan, para JCH agar fokus menjaga stamina kesehatan. Alasannya, dalam menunaikan ibadah haji mulai dari pemberangkatan hingga sampai ke Mekkah dan pulang kembali ke kampung halaman, kesehatan tetap nomor satu.

"Yang paling penting, jemaah calon haji harus menjaga kesehatan. Karena, kesehatan itu paling penting dalam untuk melaksanakan ibadah haji," katanya.

Ia pun berpesan, kepada JCH agar selalu menjaga pola hidup sehat, termasuk menjaga stres. Karena, stres itu pemicu semua penyakit.

"Kalau stres itu pemicu semuanya, penyakit yang tadi sudah kita jaga bisa saja kambuh, atau yang tadiknya tidak ada, karena stres akhirnya bisa kambuh juga," jelasnya.

Ia menambahkan, agar JCH selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan dan tidur. Intinya, jangan sampai stres. "Jadi hadapi semua hal dengan santai jangan dibawa stres," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan