Taufan Pawe Ingatkan JCH Parepare Tetap Jaga Kesehatan

  • Bagikan
Salah satu JCH memeluk Wali Kota Parepare, Taufan Pawe di sela pelepasan di Auditorium BJ Habibie, kemarin, Wali Kota mengingatkan para jemaah agar menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Mekkah.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe resmi melepas 125 jemaah calon haji (JCH) Kota Parepare. Proses pelepasan itu, berlangsung di Auditorium BJ Habibie Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Parepare, Selasa 23 Mei 2023.

Di sela pelepasan itu, Wali Kota mendoakan JCH Parepare jadi haji yang mabrur hingga meningatkan seluruh jemaah tetap menjaga kesehatan. "Para JCH yang berangkat ini, bisa kembali menjadi haji mabrur," kata Taufan Pawe.

Pelepasan itu, turut dihadiri, Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Parepare, Fitriadi, Sekretaris Daerah (Setdako) Parepare Iwand Asaad, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, dan para Asisten dan pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare.

Menurut Wali Kota, predikat haji mabrur itu, akan menjadi atmosfer bagi 157 ribu penduduk Parepare dengan perilaku akhlak yang mulia. "Saya juga berpesan, sebaiknya diperkuat manasik haji," katanya.

Wali Kota menjelaskan, saat pelepasan JCH, dirinya melihat lansia sudah sangat dominan di atas 70 tahun, bahkan ada usia 102 tahun. "Ini bukan hal yang biasa, harus ditangani secara serius," harapnya.

Wali Kota Parepare dua periode itu juga berpesan, ibadah yang dilakukan para JCH ini bisa berjalan dengan sempurna. Dia berharap, semua jemaah bisa membawa karakter Parepare sampai ke tanah suci.

“Kalian semua tamu Allah. Kami berharap bisa menjadi duta Parepare. Interaksi di tanah suci betul-betul memperlihatkan jati diri dan kemampuan kita untuk membedakan wajib dan rukun haji," kata Taufan Pawe.

Wali Kota pun berharap agar JCH Parepare selalu menjaga kekompakan dan membuang jauh-jauh rasa ego saat berada di Mekkah. Tak hanya itu, selama di Madinah, JCH dapat menanggalkan semua masalah duniawi. Sehingga selama dalam perjalanan dari Madinah menuju Mekah, JCH dalam kondisi ihram atau selalu dalam kondisi suci.

"Selalu kompak, jangan ada yang egois, karena tidak sedikit ujian selama kita menjalankan ibadah haji di sana. Tetap jaga kesehatan selama beribadah, agar kembali dengan keadaan sehat juga," ujar Taufan Pawe.

Kepala Kemenag Kota Parepare, Fitriadi mengatakan, 125 JCH Parepare yang tergabung dalam kloter empat Embarkasi Makassar bersama Kabupaten Bulukumba. Semuanya telah mengikuti seluruh rangkaian manasik haji.

"Kita patut bersyukur karena atas arahan dan petunjuk Wali Kota Parepare (Taufan Pawe, red) manasik haji yang kita gelar selama lima kali dapat berjalan dengan baik," katanya.

Ia menambahkan, usai melakukan pelepasan oleh Wali Kota. Para JCH Parepare akan memulai keberangkatan ke Embarkasi Makassar pada 24 Mei.

"Nanti, di Asrama haji Sudiang, kita akan melakukam beberapa prosesi kegiatan. Seperti, pengecekan kesehatan tahap akhir, pembagian gelang indetitas jamaah, pembagian living cost dan manasik," tandasnya. (has-hes-nan)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan