Hadiri Gerakan Pangan Murah, Taufan Pawe: Inflasi Tetap Terkendali di Parepare

  • Bagikan
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe didampingi Sekda Parepare, Iwan Asaad bersama Bulog dan BPS saat menghadiri launcing Gerakan Pangan Murah secara nasional melalui virtual zoom di Pelataran Gedung Islamic Centre Parepare, Senin, 26 Juni 2023.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Inflasi tetap terkendali pada momen jelang Idul Adha di Kota Parepare yang didukung oleh terjaganya pergerakan harga bahan pangan. Bahkan, dalam tiga pekan terakhir di bulan Juni 2023 ini, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi di Parepare, yakni rendah dan terkendali.

“Alhamdulillah, inflasi rendah dan terkendali di Parepare seperti yang diungkap kepala BPS tadi berada diangka kurang dari 0,11 persen dalam tiga pekan terkahir di bulan Juni 2023,” beber Wali Kota Parepare, Taufan Pawe usai mengikuti kegiatan launcing Gerakan Pangan Murah (GPM) secara nasional yang dilaksanakan Badan Pangan Nasional, melalui virtual zoom bersama gubernur dan kepala daerah se-Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badang Pangan Nasional RI, Arief Prasetyo Adi pada Senin, 26 Juni 2023. Badan Pangan Nasional mengajak pemerintah daerah se-Indonesia menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah menghadapi lebaran Idul Adha 1444 Hijriah/ 2023 Masehi.

Wali Kota Taufan Pawe didampingi Sekda, Iwan Asaad, Asisten, Kepala Dinas terkait, Kepala BPS, dan Pimpinan Bulog mengikuti launching secara virtual zoom di halaman Gedung Islamic Center.

Wali Kota mengatakan, gerakan pangan murah ini dilaunching untuk menstabilisasi harga komiditi pangan, pengendalian inflasi daerah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H tahun 2023.

Wali Kota menjelaskan, gerakan pangan murah adalah isu nasional yang indikatornya pengendalian inflasi, terkendali atau tidak.

Wali Kota menyebutkan, tjuan utama agenda nasional ini, adalah bagaiman menjaga fluktuasi terjadinya inflasi. “Kata kuncinya bagaimana pemerintah daerah hadir di tengah-tengah masyatakat untuk menyediakan komoditi bahan pangan pokok serta kemampuan daya beli masyarakat,” jelas Taufan Pawe.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, mengungkapkan jika pengendalian inflasi merupakan tantangan semua negera.

Ia menuyebutkan, inflasi di Indonesia berada diangka empat persen terus terkendali dengan adanya sinergiras pemerintah daerah.

Ia menjelaskan, upaya untuk menekan harga pangan tentunya dilakukan upaya dengan menjaga inflasi dengan melaksanakan gerakan pangan murah serentak secara nasional di seluruh wilayah kabupaten/ kota di Indonesia.

“Aksi nyata peran dalam menjaga inflasi, sekaligus meningkatkan perekonomian di Indonesia dibutuhkan sinergitas dari pemerintah daerah,” tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan