Hikmat Upacara Bendera Harlah Pancasila di SMPN 10 Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PARE POS - UPTD SMPN 10 Kota Parepare turut memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila dengan menggelar upacara bendera di pelataran sekolah, Kamis, 1 Juni 2023.

Menjadi pembina upacara adalah Kepala SMPN 10 Parepare, Jalaluddin. Sementara petugas yang membentangkan dan menaikkan bendera merah putih adalah peserta didiknya. Upacara diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru-guru SMP 10 dengan penuh semangat dan kompak.

Kekompakan dan kekeluargaan antar guru dan peserta didik pun tampak usai upacara. Kepala SMPN 10 Parepare Jalaluddin mengatakan, peringatan Harlah Pancasila menjadi ajang untuk mengingatkan masyarakat mengenai lahirnya Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia.

"Kami keluarga SMPN 10 Parepare mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Semangat dengan tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global," katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran BPIP Republik Indonesia, pada 2023 ini Harlah Pancasila mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Tagline, yang dipakai, kata dia, dalam peringatan Harlah tahun ini adalah "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia".

Menurutnya, upacara peringatan Harlah Pancasila meneguhkan komitmen bangsa Indonesia agar lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

"Pentingnya Pancasila sebagai dasar dalam menciptakan masyarakat yang adil, makmur, dan berkeadilan. Termasuk peran generasi muda dalam mempertahankan nilai-nilai Pancasila di era modern yang penuh tantangan," tandasnya. (has)

  • Bagikan