Mencegah Penularan Penyakit Hewan ke Manusia,Disnakbun Jalankan Konsep One Health

  • Bagikan

PINRANG,PAREOPOS.CO.ID– Dalam upaya untuk mewujudkan konsep One Health,
Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang menggelar kegiatan sosialisasi pembentukan forum komunikasi antara Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) dan Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan).

Forum itu sebagai upaya awal melakukan pendekatan terpadu memantau kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Asisten Ekonomi Pembangunan H. Abd. Rahman Usman yang wawakili Bupati mengatakan pentingnya membangun komunikasi lintas sektor dalam rangka mencapai tujuan One Health di wilayah Kabupaten Pinrang.

Ia menyampaikan, komunikasi yang baik antara tenaga kesehatan hewan dan tenaga kesehatan manusia sangat perlu, mengingat kondisi geografis Kabupaten Pinrang.

“Hal ini akan memastikan penanganan kesehatan dapat dilakukan dengan baik di daerah terpencil sekalipun, termasuk dalam menghadapi penyakit yang timbul dari sumber hewan, lingkungan, maupun manusia,” kata Rahman yang mewakili Bupati Pinrang Irwan Hamid.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, para pemangku kepentingan dan tenaga kesehatan baik manusia maupun hewan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya sinergi dalam menciptakan masyarakat yang sehat.

Dengan adanya forum komunikasi antara Puskesmas dan Puskeswan ini, Kabupaten Pinrang dapat lebih meminimalisir resiko penularan penyakit hewan ke manusia.

“Antusiasme peserta dalam acara tersebut, mencerminkan komitmen mereka dalam mendukung terciptanya masyarakat yang sehat,” harapnya.

Diketahui, One Health adalah pendekatan pemersatu yang diindikasikan yang bertujuan untuk secara berkelanjutan menyeimbangkan dan mengoptimalkan hubungan erat dan ketergantungan diantara manusia hewan dan ekosistem, mengakui kesehatan hewan peliharaan dan liar, tumbuhan, dan lingkungan yang lebih luas.(*)

  • Bagikan