Pameran dan Presentasi Inovatif Latemmamala 2023, Disaksikan Tim Penilai BRIN

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng melalui Bappelitbangda menggelar pameran dan presentasi inovatif Latemmamala 2023 di aula kantor Gabungan Dinas Pemkab Soppeng, Senin, 5 Juni 2023.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Soppeng H Lufti Halide, disaksikan tim penilai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kepala Bappelitbangda Soppeng Andi Agus Nongki mengatakan, pameran dan presentasi inovasi daerah yang pertama kalinya diselenggarakan Bappelitbangda ini, merupakan salah satu tahapan pelaksanaan lomba inovasi daerah yang sangat penting untuk memotivasi ASN, perangkat daerah dan masyarakat dengan tujuan mendorong terciptanya budaya inovasi di Kabupaten Soppeng.

Dia menjelaskan , lomba inovasi daerah adalah kegiatan penjaringan dan pendataan inovasi daerah, seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan inovatif Latemmamala kepada yang masuk TOP 6 inovasi daerah.

Penjaringan inovasi daerah dilakukan dengan menghimpun laporan inovasi daerah yang disampaikan para inovator melalui aplikasi Sistem Informasi Data Base Riset dan Inovasi Daerah (Simdara).

"Inovasi yang lahir diharapkan mampu mendorong peningkatan daya saing, kemandirian dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, inovasi juga diharapkan mampu menjadi solusi berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Soppeng," kata Andi Agus Nongki.

Kepala Pusat Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri, Mardyanto Wahyu Tryatmoko menilai kreativitas dan dorongan inovasi yang luar biasa di Soppeng. Hal ini merupakan suatu momentum untuk mendorong dan meningkatkan inovasi daerah yang memiliki tahapan-tahapan, dengan pengembangan inovasi melalui semua tahapan.

Dia berharap inovasi yang ada di Kabupaten Soppeng bukan hanya untuk memenuhi target, tapi juga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Oleh karena itu, harus ditingkatkan daya saing dari berbagai aspek.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua bukan hanya di daerah tapi juga pusat, dan kami dari BRIN akan melakukan pembinaan tentang apa yang perlu dilakukan untuk mematangkan inovasi yang diusulkan," ujar Mardyanto.

Sementara Wakil Bupati Soppeng, H Lutfi Halide atas nama Pemkab Soppeng menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas kedatangan tim penilai BRIN di Bumi Latemmamala Soppeng.

Lanjut dikatakan, pelaksanaan pameran inovasi daerah ini merupakan sarana yang sangat baik untuk menjadi ajang sosialisasi dan penjaringan inovasi, sehingga dapat memacu ASN, perangkat daerah dan anggota masyarakat untuk terus menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, patut disyukuri tim penilai dari BRIN hadir menyaksikan langsung kegiatan pameran inovasi ini. "Insya Allah hari ini kita akan mendapatkan pengakuan dari BRIN, sehingga tidak ada keraguan karena semua inovasi yang ada di Soppeng dilatarbelakangi oleh Riset," ungkap Lufti. (wis)

  • Bagikan